Suhartini, Neni (2021) Pengaruh metode kooperatif tipe The Power of Two terhadap hasil belajar siswa SMP Plus Ulumul Qur'an Al-Mustofa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
Banyak tenaga pendidik yang tidak memahami model pembelajaran, padahal model pembelajaran itu berperan sebagai jalan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sehingga kegiatan belajar mengajar dikelas cenderung membosankan, hasilnya peserta didikpun kesulitan dalam menerima serta memahami materi yang sudah disampaikan oleh pendidik. Pemilihan model pembelajaran ini harus disesuaikan dengan materi, kebutuhan dan kemampuan siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan model kooperatif tipe the power of two, menganalisis hasil belajar siswa yang menggunakan dan yang tidak menggunakannya model the power of two, mengetahui pengaruh dari model the power of two ini. Metode atau model pembelajaran merupakan suatu cara mengajar yang diterapkan pada seluruh mata pelajaran. Model ini dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi agar lebih efektif diterima dan dipahami oleh peserta didik. Model kooperatif the power of two merupakan model pembelajaran yang membentuk kelompok belajar kecil dengan berjumlahkan dua orang. Agar terciptanya kerjasama tiap individu. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalen control group design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan melalui studi pustaka, observasi, tes, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran PAI dengan menggunakan model The Power Of Two berjalan dengan sangat baik dengan aktivitas belajar di kelas sebesar 90% dan termasuk kedalam kriteria sangat baik; (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model The Power Of Two memiliki peningkatan yang sangat baik dengan nilai pretest 48,95 dan nilai posttest sebesar 83,89; (3) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model The Power Of Two memiliki peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 58,88 dan nilai posttest 69,25 dalam kategori rendah karena masih berada dibawah KKM; (4) Adanya pengaruh dari model pembelajaran The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa dilihat dari adanya peningkatan dengan taraf 5% yang menunjukan hasil thitung 411,80 > ttabel (2,101) yang artinya H1 diterima, yang artinya terdapat peningkatan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan model The Power Of Two. Kata Kunci : The Power Of Two, Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Power Of Two;Hasil Belajar;Model Pembelajaran |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Neni Suhartini |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 06:20 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43711 |
Actions (login required)
View Item |