Annisa, Anna (2021) Pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Kabupaten Bandung tahun 2017-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia merupakan negara kesatuan yang menganut system desentralisasi dimana setiap daerah memiliki kuasa untuk mengelola kekayaan daerahnya sendiri oleh pemerintah daerah demi mencukupi kebutuhan daerahnya sendiri dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan dan pemerintah pusat. Ada banyak sumber dari pendapatan asli daerah salah satunya yaitu retribusi pelayanan pasar yang merupakan bagian dari retribusi jasa umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Kabupaten Bandung yang merupakan salah satu pasar tradisional milik pemerintah daerah di Kabupaten Bandung yang dalam pengelolaan dan pembangunannya dikerjasamakan dengan pihak kedua yakni PT Bangun Bina Persada melalui sitem bagun guna serah. Masalah yang ditemukan sama dengan masalah yang ada pada sejumlah pasar lainnya yakni tidak tertariknya retribusi pelayanan pasar dari beberapa pedagang yang timbul dari adanya miss komunikasi antara pengelola dan pedagang juga kurangnya kesadaran pada diri pedagang itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif guna menghasilkan suatu data yang terperinci dan mendalam dengan merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Jhon R. Beisline yakni Perencanaan, Pengorganisasian, Komando, dan Pengendalian (Firmansyah, 2018). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tenik analisis data yang peneliti lakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sehat Sabilulungan telah berjalan dengan baik dilihat dari perencaanaan, pengorganisasian, komando yang dilakukan, serta pengawasan terhadap pengelolaan retribusi pelayanan pasar sehingga dapat dilihat dari pencapaian target dan kesesuaian dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; Retribusi Pelayanan Pasar; Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka |
Subjects: | Administration of The Physical Plant Political dan Government Science Public Finance Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Anna Annisa |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 06:24 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 06:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43747 |
Actions (login required)
View Item |