Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qira’at hubungannya dengan kemampuan siswa membaca AlQur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP FK Bina Muda Cicalengka Bandung

Kholid, Dede Ahmad (2021) Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qira’at hubungannya dengan kemampuan siswa membaca AlQur’an : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP FK Bina Muda Cicalengka Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di SMP FK Bina Muda, yaitu munculnya kesenjangan antara aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat dengan siswa yang masih kesulitan membaca Al-Quran. Kesenjangan ini menimbulkan permasalahan yang berhubungan dengan bagaimana realitas aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat, bagaimana realitas kemampuan siswa membaca Al-Quran dan bagaimana realitas hubungan antara aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat dengan kemampuan siswa membaca Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat, 2) Kemampuan siswa membaca Al-Quran dan 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat dengan kemampuan siswa membaca Al-Quran. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa baik dan buruknya kemampuan siswa membaca Al-Quran salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler Qiraat, sehingga dapat diasumsikan dengan hipotesis yaitu semakin baik aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat, maka semakin tinggi pula kemampuan siswa membaca Al-Quran, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode yang berbentuk kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Qiraat di SMP FK Bina Muda dengan pengambilan sampel teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket, wawancara, observasi dan tes. Analisis data pada kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil daari pengolahan data dengan bantuan shoftware SPSS 28.0, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Realitas aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat termasuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 4,2 karena berada pada interval 3,5-4,5. 2) Realitas kemampuan siswa membaca Al-Quran termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 4,3 karena berada pada interval 3,5-4,5. 3) Realitas hubungan antara aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat dengan kemampuan siswa membaca Al-Quran adalah: a) Koefisien korelasinya sebesar 0,72 termasuk kategori kuat karena berada pada interval 0,61-0,80, b) Hipotesisnya diterima, karena thitung (6,25) lebih besar dari ttabel (2,03) dan c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 52%. Hal ini menunjukan bahwa 52% kemampuan siswa membaca Al-Quran dipengaruhi oleh aktivitas siswa mengikuti ekstrakurikuler Qiraat. Sehingga masih terdapat 48% lagi faktor lain yang memengaruhi kemampuan siswa membaca Al-Quran di SMP FK Bina Muda Cicalengka Bandung. Kata Kunci: Aktivitas, Siswa, Ekstrakurikuler Qiraat, Membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Siswa; Ekstrakurikuler Qira’at; Membaca Al-Quran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dede ahmad kholid
Date Deposited: 24 Sep 2021 12:19
Last Modified: 24 Sep 2021 12:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43748

Actions (login required)

View Item View Item