Pengaruh konseling teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri santri : Penelitian terhadap santri kelas VI (Enam) di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Cilegon

Restiyaningrum, Debby (2021) Pengaruh konseling teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri santri : Penelitian terhadap santri kelas VI (Enam) di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Cilegon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren merupakan salah satu jenis pendidikan yang mengharuskan peserta didiknya tinggal di asrama. Hal ini mengharuskan santri untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, namun tidak semua santri dapat menyesuiakan diri dengan baik dilingkungan pesantren. Konseling teman sebaya dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu santri menyesuaikan diri dengan lingkungan pesantren karena perkembangan sosial pada masa remaja lebih banyak dipengaruhi oleh teman sebaya daripada oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konseling teman sebaya terhadap Pengakuan (Recognition), Partisipasi (Participation), Penerimaan Sosial (Social Acceptance), Alturisme (Alturism) dan Kesesuaian (Conformity) santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Cilegon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa terdapat dua aspek konseling teman sebaya yaitu perkembangan yang saling membantu dan memfasilitasi tindakan yang positif, dengan bantuan konseling teman sebaya santri mampu menyesuaikan diri dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu memberikan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai pengaruh konseling teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri santri. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian konseling teman sebaya tidak memiliki pengaruh terhadap Pengakuan (Recognition), Partisipasi (Participation), dan Penerimaan Sosial (Social Acceptance), namun konseling teman sebaya memiliki pengaruh terhadap (Alturism) santri sebesar 11,7% dan Kesesuaian (Conformity) santri sebesar 8,8%. Sedangkan pengaruh konseling teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Cilegon sebesar 9,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Teman Sebaya; Penyesuaian Diri; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Debby Restiyaningrum
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:35
Last Modified: 04 Oct 2021 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43829

Actions (login required)

View Item View Item