Bishri, Musthafa Hasan (2021) Analisis persepsi masyarakat terhadap labelisasi halal pada produk halal non makanan di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (42MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam UU JPH dikatakan bahwa ada 8 produk yang penting untuk disertifikasi halal diantaranya ada makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, dan produk rekayasa genetik serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun masyarakat ternyata masih banyak yang menganggap bahwa sertifikasi halal ini hanya perlu bagi makanan dan minuman saja, labelisasi halal pada produk non makanan masih belum popular di masyarakat dan masih dianggap hanya sebatas strategi pemasaran saja atau “value added” (nilai tambah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas dan berdasarkan bukti ilmiah bagaimana persepsi masyarakat terhadap labelisasi pada produk non makanan tersebut, apakah setuju atau tidak setuju dan penting atau tidak penting. Kemudian juga untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi persepsi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil survey lapangan melalui kuisioner yang diisi oleh 300 sampel masyarakat Kota Bandung. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik biner dengan melalui pengujian kelayakan model, uji keseluruhan model, uji ketepatan klasifikasi, dan uji hipotesis secara simultan dan parsial. Adapun untuk pengolahan datanya yaitu dengan menggunakan aplikasi software SPSS Statistic Version 25 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang pengolahan data awal. Adapun temuan pada penelitian ini bahwa mayoritas penduduk masyarakat yang ada di Kota Bandung yang masuk kedalam responden dalam penelitian ini memiliki persepsi setuju dan menganggap penting adanya labelisasi halal pada produk non makanan, dikarenakan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat tersebut. Berdasarkan kesimpulan pada penelitian ini bahwa sebanyak 86% masyarakat Kota Bandung mereka menyatakan “setuju” dengan labelisasi halal pada produk non makanan. Kemudian 14% lainya menyatakan tidak setuju dengan adanya labelisasi halal pada produk non makanan. Sedangkan untuk persepsi penting, sebanyak 73,7% masyarakat Kota Bandung mereka menyatakan “penting” dengan labelisasi halal pada produk non makanan. Kemudian 26,3% lainya menyatakan bahwa adanya labelisasi halal pada produk non makanan ini tidak penting. Sedangkan faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut secara signifikan dipengaruhi oleh faktor tingkat pendidikan, usia, pendapatan, pemahaman, akses media informasi, dan pengalaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Labelisasi halal; Persepsi; Produk halal; Produk halal non makanan; |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Econmics Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Musthafa Hasan Bishri |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 08:09 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 08:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43862 |
Actions (login required)
View Item |