Tinjauan hukum ekonomi syariah pada pelaksanaan tabungan paket lebaran : Studi pada penyedia paket lebaran Chandra Paket di Komplek Pemda RW 14 Kel. Padasuka Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi

Yulianti, Siti (2021) Tinjauan hukum ekonomi syariah pada pelaksanaan tabungan paket lebaran : Studi pada penyedia paket lebaran Chandra Paket di Komplek Pemda RW 14 Kel. Padasuka Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Tabungan paket lebaran merupakan praktik jual beli pesanan paket lebaran dengan cara dicicil. Keberadaan praktik tabungan paket lebaran dengan cara dicicil ini terjadi karena adanya kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya menjelang hari raya idul fitri. Konsep jual beli ini serupa dengan jual beli salam di mana barangnya akan diserahkan kemudian. Harga barang pada tabungan paket lebaran ini ditentukan dengan cara perkiraan, padahal barang yang menjadi objek jual beli tersebut merupakan barang yang dapat mengalami naik atau turunnya harga. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk: 1)Untuk mengetahui mekanisme dari pelaksanaan tabungan paket lebaran di Komplek Pemda RW 14 Cimahi, dan 2) Untuk mengetahui bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap mekanisme pelaksanaan tabungan paket lebaran di Komplek Pemda RW 14 Cimahi. Penelitian ini didasarkan pada konsep akad jual beli dari pandangan hukum ekonomi syariah. Yang mana dalam akad jual beli terdapat larangan mengenai jual beli yang mengandung unsur gharar. Dalam akad jual beli salam, unsur yang mengandung gharar harus dihindari dari segi barang dan harga. Dinyatakan juga dalam ketentuan jual beli salam, yaitu harus menyegerakan pembayaran di majelis akad sebelum para pihak berpisah.Penelitian ini menggunakan metode studi naratif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak penyedia paket lebaran, koordinator, serta pembeli. Kemudian data sekunder diperoleh dari buku�buku, peraturan, jurnal dan dari sumber literasi lain yang berhubungan dengan praktik tabungan paket lebaran.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tabungan paket lebaran ini telah memenuhi rukun jual beli salam. Akan tetapi, masih ada kekurangan dalam pemenuhan syaratnya dalam hal pembayaran yang dilakukan dengan cara dicicil. Praktik ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat sekitar dan memberikan banyak maslahat. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam menetapkan suatu hukum. Dengan demikian, praktik tabungan paket lebaran ini hukumnya mubah dengan pertimbangan praktik ini sudah menjadi kebiasaan serta memberikan banyak kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli; jual beli salam; paket lebaran
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Siti Yulianti
Date Deposited: 28 Sep 2021 09:14
Last Modified: 28 Sep 2021 09:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43956

Actions (login required)

View Item View Item