Pengaruh kemudahan penggunaan dan risiko pada aplikasi investree terhadap keputusan bertransaksi menggunakan Financial Technology (FINTECH) Peer to Peer Lending syariah: Studi pada mahasiswa S1 jurusan Ekonomi Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nursyahida, Fadhila Ihsan (2021) Pengaruh kemudahan penggunaan dan risiko pada aplikasi investree terhadap keputusan bertransaksi menggunakan Financial Technology (FINTECH) Peer to Peer Lending syariah: Studi pada mahasiswa S1 jurusan Ekonomi Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi digital saat ini berkembang sangat pesat, banyak inovasi-inovasi baru bermunculan dibidang teknologi mulai dari hardware sampai software bahkan perangkat pendukung lainnya. Teknologi digitalpun berkembang didukung dengan penggunaan internet dan gadget yang mengalami peningkatan, dari sistem operasi layanan keuangan juga saat ini telah mengalami perubahan banyak muncul berbagai sistem operasi layanan keuangan yang berbasis teknologi digital yang bisa membantu kegiatan dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada pengaruh kemudahan Penggunaan pada Aplikasi Investree terhadap keputusan Mahasiswa yang bertransaksi dalam menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer Lending Syariah; (2) Apakah ada Risiko yang berpengaruh pada Aplikasi Investree terhadap keputusan Mahasiswa yang bertransaksi dalam Menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer Lending Syariah; (3) Seberapa besar pengaruh kemudahan penggunaan (Ease of Use), dan Risiko pada Aplikasi Investree terhadap keputusan Mahasiswa yang bertransaksi dalam Menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer Lending Syariah secara bersamaan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, untuk metode kuantitatif menggunakan berbagai analisis data seperti uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas data, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f) dan uji koefisien determinasi dengan jumlah sampel 77 responden. Pengumpulan data kuesioner dilakukan sebagai teknik pengumpulan data, untuk pengolahan data dibantu dengan menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Hasil dari penelitian berdasarkan data didapatkan menunjukan bahwa hasil variabel Kemudahan Penggunaan memiliki nilai signifikansi thitung sebesar 5,702 > ttabel = 1.9917 atau sig = 0.000 < α = 0,05 artinya, Ha diterima sehingga terdapat pengaruh kemudahan penggunaan pada aplikasi Investree terhadap keputusan bertransaksi menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer Lending Syariah, sehingga berpengaruh positif. Variabel Risiko dari hasil uji t dengan memiliki nilai alpha sebesar 0,05 maka HO diterima dan Ha ditolak, karena t = 1.696 < t-tabel=1.9917 atau sig = 0.094 > α=0,05 maka tidak terdapat pengaruh risiko terhadap keputusan bertransaksi menggunakan menggunakan Peer to Peer Lending Syariah, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikansi terhadap keputusan bertransaksi menggunakan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer Lending Syariah. Nilai R² memiliki nilai sebesar 0,642 maka dapat dinyatakan bahwa kemudahan penggunaan dan risiko pada aplikasi Investree berpengaruh terhadap keputusan bertransaksi menggunakan financial technology (Fintech) peer to peer lending Syariah secara bersama-sama sebesar 41,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemudahan penggunaan; risiko aplikasi; keputusan transaksi
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Fadhila Ihsan Nursyahida
Date Deposited: 26 Sep 2021 03:56
Last Modified: 26 Sep 2021 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43958

Actions (login required)

View Item View Item