Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Agro Lestari TBK Periode 2010-2019

Ramdani, Rizky Gilang Nurul (2021) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syari'ah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Agro Lestari TBK Periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy

Abstract

Debt to Equity Ratio (DER) dan Cash Ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap Net Profit Margin (NPM). Artinya, kenaikan DER dan CR akan menurunkan NPM lalu penurunan DER dan CR akan menaikan NPM. Pada tahun 2012 dan 2014 DER mengalami kenaikan tetapi NPM juga mengalami kenaikan, pada tahun 2017 DER mengalami penurunan tetapi NPM juga mengalami penurunan. Kemudian tahun 2011, 2013 dan 2018 CR mengalami penurunan tetapi NPM juga mengalami penurunan, sedangkan pada tahun 2014 dan 2016 CR mengalami kenaikan dan NPM juga mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) secara parsial, (2) Pengaruh Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) secara parsial, (3) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Cash Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) secara simultan pada PT Astra Agro Lestari Periode 2010-2019. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah Debt to Equity Ratio (DER) yang tinggi menimbulkan konsekuensi bagi kreditor untuk menanggung risiko yang lebih besar pada saat debitor mengalami kegagalan keuangan dan Cash ratio (CR) semakin tinggi maka akan mengakibatkan profit bank dari pendapatan bunga akan kecil. Dengan demikian akan mempengaruhi Net Profit Margin (NPM) karena berpengaruh terhadap kepercayaan investor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan dan browsing. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi. Serta analisis uji signifikan yang meliputi uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil perhitungan dalam penelitian ini menunjukan : (1) Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan hasil hitung thitung ≤ -ttabel = -2,418 < -2,30600 maka Ho diterima, (2) Secara parsial Cash Ratio (CR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan hasil hitung thitung ≤ ttabel = -1,080 < 2,30600 maka Ho diterima, (3) Secara simultan Debt to Equity Ratio (DER) sebagai variabel X1 dan Cash Ratio (CR) masing-masing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan hasil hitung Fhitung ≥ Ftabel = 20,851 ≥ 4,74 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER) ; Cash Ratio (CR) ; Net Profit Margin (NPM)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizky Gilang Nurul Ramdani
Date Deposited: 29 Sep 2021 08:17
Last Modified: 29 Sep 2021 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43981

Actions (login required)

View Item View Item