Implementasi model pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL_STEM) untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pemanasan global

Sari, Indah (2021) Implementasi model pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM (PJBL_STEM) untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik yang melakukan pembelajaran PJBL_STEM dengan pendekatan saintifik pada materi pemanasan global. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan populasi kelas XI MIPA SMAN 1 Rengasdengklok dan sampel kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas control dengan 32 peserta didik pada masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis Assesment based on Trajectory Learning (AABTLT) dan tes uraian keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain dan uji t independent sampel test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen 0,49 dan kelas control 0,34 dengan katagori sedang. Hasil uji t didapatkan t hitung (6,71 >t tabel (1,67) sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains pada kelas control dan eksperimen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PJBL STEM; Keterampilan Proses Sains; Pemanasan Global
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Indah Sari
Date Deposited: 01 Oct 2021 05:14
Last Modified: 01 Oct 2021 05:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44040

Actions (login required)

View Item View Item