Dampak penggunaan aplikasi Tiktok pada perubahan perilaku siswa: Penelitian siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin Kabupaten Bandung Barat

Faqih, Safira Ainnur (2021) Dampak penggunaan aplikasi Tiktok pada perubahan perilaku siswa: Penelitian siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (0B) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (0B) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa pada zaman sekarang semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak anak SMP yang menyalahgunakan gadget. Gadget dipakai untuk bermain-main, bersenang-senang, sebagai hiburan, salah satunya dengan menggunakan aplikasi TikTok. Aplikasi TikTok dijadikan sebagai ajang eksistensi diri. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka lebih enjoy menggunakan, dan mencoba semua konten yang ada pada aplikasi TikTok tersebut. Banyak dari mereka lebih betah bermain TikTok daripada belajar, atau mengerjakan tugas dari sekolah. Menurutnya, aplikasi TikTok ini bisa menghibur mereka dikala bosan seperti halnya siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin. Siswayang kecanduan bermain TikTokan secara tidak sadar ia mengalami perubahan perilaku, contohnya saat sedang didepan umum mereka merasa tidak malu bermain TikTok bergoyang ria mengikuti gerakan yang berada di aplikasi TikTok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Motivasi siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin Kabupaten Bandung Barat menggunakan aplikasi TikTok, (2) Dampak penggunaan aplikasi TikTok terhadap perubahan perilaku siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin Kabupaten Bandung Barat, dan (3) Upaya dalam menangani perubahan perilaku siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin Kabupaten Bandung Barat akibat dari penggunaan aplikasi TikTok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Behaviorisme B.F Skinner, teori ini digunakan untuk melihat perubahan perilaku siswa dari hasil belajar. Skinner menjelaskan tingkah laku yang terpengaruhi oleh variabel eksternal. Contohnya, kebiasaan itu dibentuk dari hasil belajar, dari belajar itu ia mencoba mencontoh dari hasil belajarnya secara berulang-ulang, dan menjadi kebiasaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat berbagai macam motivasi siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin menggunakan aplikasi TikTok, salah satunya termotivasi dari lingkungan sekitar dan teman sebaya. Selain motivasi, terdapat berbagai macam dampak. Dampak tersebut bisa menimbulkan positif maupun negatif. Dampak positif dari penggunaan aplikasi TikTok, yaitu dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan jika menggunakannya dengan sebaik mungkin. Dampak negatifnya yaitu membuat kecanduan, dan terlalu fokus bermain gadget, mudah emosi, dan sering membantah orang tua. Upaya yang dilakukan dalam menangani perubahan perilaku siswa kelas 8 SMPN 02 Cililin terdapat beberapa cara, yaitu orangtua membatasi dalam penggunaann aplikasi TikTok, siswanya sendiri harus mempunyai kesadaran dan keinginan untuk berubah menjadi lebih baik, memperbanyak bersosialisasi dengan teman atau keluarga sendiri, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Perubahan Perilaku; Aplikasi TikTok;
Subjects: Ethics of Social Relations
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Safira Ainnur Faqih
Date Deposited: 04 Oct 2021 02:46
Last Modified: 04 Oct 2021 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44069

Actions (login required)

View Item View Item