Putri, Adella Widyanthi (2021) Pesan dakwah melalui media sosial TikTok : Analisis isi pesan dakwah pada konten TikTok Husain Basyaiban. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat dan banyak dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat salah satunya adalah dakwah. Cukup banyak media sosial yang diigunakan untuk melakukan kegiatan berdakwah seperti membuat konten video pada aplikasi media sosial TikTok. Salah satu da‟i yang memanfaatkan TikTok sebagai media dakwahnya adalah Husain Basyaiban. Dakwah menggunakan media TikTok merupakan bentuk dakwah yang telah berkembang sesuai dengan teknologi yang semakin pesat perkembangannya. Karena latar belakang tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung pada konten-konten dakwah TikTok milik Husain Basyaiban yang memiliki tiga kategori pesan dakwah yaitu pesan dakwah mengenai akidah, syariah, dan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan analisis isi. Dengan menggunakan teori pesan dakwah dari Syamsul Munir Amin yaitu pesan dakwah merupakan isi dari kegiatan berdakwah dengan memuat tiga klasifikasi atau kategori yaitu tentang akidah, syariah dan akhlak. Dari hasil penelitian dapat diketahui pesan dakwah yang terdapat dalam konten-konten video milik Husain Basyaiban yang diunggah pada 01 Juni sampai 30 Juni 2021 sebanyak 30 pesan dakwah, yaitu: 4 pesan tentang akidah yang membahas tentang iman kepada Allah dan iman kepada kitab Allah, 18 pesan tentang syariah yang membahas tentang wudhu, takwa kepada Allah, rumah tangga, hukum musik, menuntut ilmu, hukum mengganti kelamin, ilmu, aturan berpakaian, hukum zina dan makanan halal, 8 pesan tentang akhlak yang membahas akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap manusia dan akhlak terhadap bangsa jin. Media sosial TikTok dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai media dakwah modern yang dapat menjadi solusi berdakwah di masa seperti ini seperti yang dilakukan oleh Husain Basyaiban yang aktif membuat konten-konten dakwah di akun TikTok miliknya sehingga bisa menjadi media edukasi dan informatif bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah;TikTok;Konten TikTok |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Adella Widyanthi Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 09:43 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 09:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44074 |
Actions (login required)
View Item |