Model Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Siswa: Studi Penelitian pada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Cabang Ujung Berung Bandung

Risa Rismawati, Risa (1210401079) (2015) Model Bimbingan Keagamaan dalam Meningkatkan Akhlak Siswa: Studi Penelitian pada Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Cabang Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_coveri.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Bimbingan keagamaan merupakan seluruh program pemberian bantuan atau menuntut orang lain yang mengalami sesulitan atau lagi sedang mengalami banyak masalah baik lahir maupun batin yang menyangkut kehidupannya dimasa kini dan dimasa yang akan datang melalui dorongan dan kekuatan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Akan tetapi pada kenyataanya masih banyak pelanggaran-pelanggran yang dilakukan oleh para remaja diantaranya, kenakalan remaja, minum-minuman, perampokan perzinahan dan pelanggran-pelanggran yang lainnya. Dalam kehidupan seseorang termasuk ketika menjadi siswa-siswi karena kepribadian menjadi tolak ukur sesorang untuk diperlakukan seperti apa yang didapat mempengaruhi permasalahan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan keagamaan, proses pelaksanaan bimbingan keagamaan, peranan bimbingan bimbingan keagmaa serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan bimbingan yang dilakukan dalam bimbingan yang dilakukan di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri cabang Ujung Berung Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, alasan untuk melihat modelm bimbingan keagamaan dan proses bimbingan keagamaan di lapas sukamiskin bagi narapidana wanita yang mengalami stress di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri cabang Ujung Berung Bandung, akan lebih mendalam jika menggunakan pendekata kualitatif. Peneltian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menetukan jenis dan sumber data dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Peranan bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Cabang Ujung Kota Bandung. Peran dan fungsi pada bimbingan yang dilakukan oleh lembaga bimbingan belajar Nurul Fikri ini secara gari besar ada empat peran dalam proses pelaksanaan bimbingan keagamaan diantaranya, fungsi preventif, fungsi kuratif dan korektif, fungsi preservatif, fungsi development atau pengembangan. Berdasarkan ditemukan dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa dengan adanny bimbingan keagamaan terhadap siswa dengan kegiatan pelaksanaan bimbingan tersebut yaitu bisa lebih menjaga mereka dari berbagai pengaruh-pengaruh terutama zaman modernisasi sekarang ini yang menjadi manusia menjadi kerisis moral, keirisi akhlak. Adapun juga kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan bimbingan ini diantaranya yaitu kendala prasarana, kurang SDM, kurangnya komunikasi dengan elemen para pembimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 00:48
Last Modified: 05 Oct 2017 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4410

Actions (login required)

View Item View Item