Manajemen Public Relations dalam Memperjelas Informasi Publik Internal (Studi Deskriptif tentang Majalah Intan sebagai Media Komunikasi Internal di PT. Perkebunan Nusantara VIII)

Risanti Hanifiani Rizwanda, Risanti (1211406067) (2015) Manajemen Public Relations dalam Memperjelas Informasi Publik Internal (Studi Deskriptif tentang Majalah Intan sebagai Media Komunikasi Internal di PT. Perkebunan Nusantara VIII). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB IV)
7bab_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAPTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

PT. Perkebunan Nusantara VIII merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang perkebunan, untuk mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII tidak dapat terlepas dari komunikasi dan informasi, dalam melakukan komunikasi yang baik maka membutuhkan suatu sarana yang dinamakan dengan media. Media komunikasi internal yang digunakan oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII yaitu dengan menggunakan majalah Intan sebagai penjelas informasi publik internal yang dikelola langsung oleh Public Relations Officer. Pengelolaan majalah Intan membutuhkan berbagai tahapan manajemen Public Relations agar seluruh informasi yang tidak jelas dan beredar dalam perusahaan, dapat memberikan informasi yang sudah jelas untuk dipublikasikan kepada publik internal, sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses manajemen Public Relations yang meliputi Mendefinisikan Masalah, Perencanaan, Tindakan, dan evaluasi dalam memperjelas informasi publik internal. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu teori jaringan dan teori informasi organisasi. Asumsi teori menyebutkan bahwa Public Relations memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan atas informasi yang beredar dan mampu membuat informasi yang ambigu menjadi masuk akal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, ini ditunjukan untuk mengumpulkan data informasi yang aktual, dan rinci yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dilokasi penelitian untuk dianalisa. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Public Relations Officer PT. Perkebunan Nusantara VIII dalam mengelola majalah Intan menggunakan empat unsur manajemen Public Relations. Pengidentifikasian masalah dilakukan karena hal yang paling penting untuk diketahui apa masalah yang ditemui dalam melaksanakan pengelolaan majalah intan dan bagaimana memecahkan masalah tersebut. Perencanaannya dilakukan dengan menggunakan rencana teknis. Implementasi tindakan dalam mengelola majalah Intan menggunakan rencana teknis yang sesuai dengan proses perencanaan. Bentuk evaluasi dalam proses pengelolaan majalah intan, yaitu dengan melihat sejauh mana publik internal memberikan pertanyaan balik seputar pemberitaan yang telah dipublikasikan, dan untuk mengetahui informasi sudah sesuai atau tidak dengan rencana yang sudah direncanakan dapat dilihat dari banyaknya kritik dan saran yang diberikan oleh publik internal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Relation of The State of Organized Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2017 00:56
Last Modified: 05 Oct 2017 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4414

Actions (login required)

View Item View Item