Peran single parent dalam keberlangsungan ekonomi keluarga: studi kasus di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya

Indriana, Mita (2021) Peran single parent dalam keberlangsungan ekonomi keluarga: studi kasus di Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Dalam keluarga, setiap anggotanya memiliki peranannya masing-masing terutama ayah dan ibu yang memiliki kedudukan fundamental sebagai orangtua dalam keluarga. Namun ada beberapa yang memiliki keluarga tidak utuh baik itu karena faktor kematian ataupun faktor perceraian yang mengakibatkan seseorang menjadi seorang single parent. Masalah yang dihadapi single parent yaitu mereka memiliki peran ganda yang harus dijalankannya sehingga berdampak bagi kesejahteraan keluarga dan juga perekonomiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab terjadinya single parent, untuk mengetahui peran single parent dalam usaha mempertahankan kesejahteraan keluarga, serta dampak single parent dalam keberlangsungan perekonomian keluarga di Desa Cogreg Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori struktural fungsional oleh Robert K. Merton. Teori ini beranggapan bahwa masyararakat merupakan suatu sistem yang terdiri dari unsur-unsur sistem yang berhubungan secara fungsional. Namun pada kenyataannya akan terdapat sistem yang tidak berjalan secara optimal sehingga terjadilah ketidak berfungsianya suatu peran yang disebut dengan teori disfungsi. Selanjutnya peneliti juga menggunakan teori AGIL oleh Talcot Parsons. Teori ini memandang bahwa single parent sebagai bentuk yang sistematik saling berhubungan, saling bergantung, dan menggambarkan kebutuhan sistem atau fungsi yang mendasarinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif, yaitu dimana jenis, sumber, teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi lalu dideskripsikan dalam bentuk naratif. Studi dalam penelitian ini yaitu single parent yang berada di Desa Cogreg Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa sebagian besar single parent di desa Cogreg disebabkan karena kasus kematian dengan jumlah kasus cerai mati sebanyak 195 orang dan kasus cerai hidup sebanyak 53 orang. Seorang single parent dituntut menjalankan dua peran sekaligus yaitu peran domestik dan peran publik yaitu mengurus rumah dan anak juga menjadi pencari nafkah dan memiliki peran dalam masyarakat. Dampaknya, seorang single parent memiliki perekonomian yang rendah karena mereka hanya mengandalkan kemampuan dan juga keterampilan yang dimilikinya seperti menjahit, berdagang, dan juga memanfaatkan potensi alam sekitar yang berada di Desa Cogreg seperti bertani dan berkebun. Dengan penghasilan tersebut mereka tidak bisa sepenuhnya mencukupi segala bentuk tanggungan juga kebutuhan dan keinginan yang ada dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Single Parents; Ekonomi
Subjects: Econmics
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Mita Indriana
Date Deposited: 28 Sep 2021 08:06
Last Modified: 28 Sep 2021 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44140

Actions (login required)

View Item View Item