Strategi mempertahankan citra Al-Ma'soem sebagai sekolah populer di Bandung timur : Studi deskripsi pada humas sekolah SMA Al-Ma'soem jl. Rancaekek, Cipacing, kec. Jatinangor, Bandung, Jawa Barat

Muttaqin, Ulfi Yuniar (2021) Strategi mempertahankan citra Al-Ma'soem sebagai sekolah populer di Bandung timur : Studi deskripsi pada humas sekolah SMA Al-Ma'soem jl. Rancaekek, Cipacing, kec. Jatinangor, Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_Cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6._BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Humas dalam lembaga pendidikan merupakan sarana dalam membina hubungan baik dengan publiknya dalam usaha untuk mempertahankan citra positif lembaga dimata masyarakat sekitar dan humas lembaga pendidikan memiliki hubungan yang erat untuk mencapai tujuan sekolah untuk mempertahankan citranya. Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Ma’soem memiliki humas yang juga merupakan humas Yayasan Pendidikan Al-Ma’soem yang memiliki tugas untuk membangun, mempertahnkan dan meningkatkan citra lembaga dimata masyarakat sekitar dengan melakukan berbagai strategi dan menyampaikan informasi secara benar dan profesional dengan menggunakan media cetak dan media sosial yang dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Al-Ma’soem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilaksanakan oleh humas sekolah dalam mempertahankan citra sebagai sekolah populer di Bandung Timur yang dilakukan oleh humas Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Ma’soem. Penelitian ini menggunakan konsep analisis SOSTAC yang terdiri dari Situation (dimana kita sekarang), objectives (kemana kita akan melangkah), strategy (bagaimana mencapai tujuan), tactics (perincian dari strategi), dan control (pengukuran dan pengawasan). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaiaman strategi oleh humas SMA Al-Ma’soem. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa startegi humas SMA Al-Ma’soem dalam mempertahankan citra melalui empat tahap yaitu membangun citra awal sekolah, mempertahakan citra sekolah, memperbaiki citra sekolah di masa pandemi dan memperbaiki citra sekolah agar tetap menjadi sekolah yang populer di Bandung Timur. Kesimpulan ini menunjukan bahwa humas strategi SMA Al-Ma’soem dalam mempertahankan citranya dimata masyarakat sekitar dapat dikatakan berhasil. Dapat dilihat pada jumlah pendaftar calon siswa baru, yang berimbas pada pembaharuan dan bertambahnya fasilitas sekolah, serta meningkatnya jumlah lulusan yang masuk perguruan tinggi negeri pada setiap tahunnya. ENGLISH : Public relations in educational institutions is a means of fostering good relations with the public in an effort to maintain a positive image of the institution in the eyes of the surrounding community and public relations of educational institutions have a close relationship to achieve goals, schools to maintain their image. Al-Ma'soem Senior High School has a public relations which is also the public relations of the Yayasan Pendidikan Al-Ma'soem which has the task of building, maintaining and enhancing the image of the institution in the eyes of the surrounding community by carrying out various strategies and conveying information correctly and professionally. using print and social media owned by the Yayasan Pendidikan Al-Ma'soem. This study aims to determine the strategies implemented by the school public relations in maintaining the image as a popular school in East Bandung carried out by the public relations of Al-Ma'soem Senior High School. This study uses the concept of SOSTAC analysis which consists of situation (where we are now), objectives (where we are going), strategy (how to achieve goals), tactics (details of strategy), and control (measurement and monitoring). The research method used is a descriptive qualitative study, because this study aims to describe how the strategy by the public relations of SMA Al-Ma'soem. The results of this study indicate that the public relations strategy of SMA Al-Ma'soem in maintaining the image through four stages, namely building the initial image of the school, maintaining the image of the school, improving the image of the school during the pandemic and improving the image of the school so that it remains a popular school in East Bandung. The conclusion of this conclusion shows that the public relations strategy of SMA Al-Ma'soem in maintaining its image in the eyes of the surrounding community can be said to be successful. It can be seen in the number of new student applicants, which has an impact on renewing and increasing school facilities, as well as the increasing number of graduates who enter public universities each year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Humas;Citra;Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Ma’soem
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ulfi Yuniar Muttaqin
Date Deposited: 01 Oct 2021 07:18
Last Modified: 01 Oct 2021 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item