Patonah, Siti (2021) Analisis pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka hubungannya dengan kedisiplinan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (150kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terdapat pada siswa di MI Asy-Syifa khususnya kelas 4, 5 dan 6 tentang kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari sabtu menunjukan bahwa kedisipinan siswa belum tertanam dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui realitas kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa di MI Asy-Syifa. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian korelasi, tujuannya untuk mengetahui hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh yaitu: hasil perhitungan pada lampiran diketahui bahwa nilai KD (Kadar Pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y) adalah 52,6%. Hal tersebut berati kadar adanya korelasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 47,4%, dari keseluruhan data yang diperoleh kedalam empat indikator maka dapat diketahui mean dari variabel X di peroleh 43,97, median 43,5, dan modus 39, nilai terendah 35 dan nilai tertinggi 56. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka kedalam kategori sedang karena berada pada interpretasi 2,60-3,39 ini mennujukkan kedalam kategori sedang. Kemudian dari keseluruhan data yang diarahkan kedalam empat indikator maka dapat diketahui mean dari variabel Y di peroleh 47,97 median 46,5, dan modus 46 dan 49. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa termasuk kedalam kategori karena berada pada interpretasi 2,60- 3,39 ini menunjukkan kedalam kategori cukup atau sedang. Artinya masih ada faktor lain yang mempengaruhi kedisiplinan mereka sehari-hari sebesar 47,4%. Faktor itu bisa berasal dari pendidikan keluarga, lingkungan masyarakat aupun lingkungan sekolah non-formal yang diikuti siswa seperti pengajian, meningat kegiatan ekstrakulikuler ini hanya dilakukan di sekolah saja dan berdurasi 1 jam pelajaran dalam satu minggu kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler; Pramuka; Kedisiplinan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Patonah |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 05:34 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 05:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44212 |
Actions (login required)
View Item |