Implementasi pengelolaan SIMKAH dalam meningkatkan pelayanan prima calon pengantin: Studi deskriptif di KUA Kecamatan Gedebage Kota Bandung

AR Nurinsan, Moch Angga (2021) Implementasi pengelolaan SIMKAH dalam meningkatkan pelayanan prima calon pengantin: Studi deskriptif di KUA Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy

Abstract

SIMKAH merupakan inovasi terbaru dari Bima Islam khususnya dalam mengoptimalkan kinerja KUA dalam perkawinan, serta maklumat nikah yang banyak memanfaatkan fungsi internet. SIMKAH juga membantu pencatatan perkawinan seta memfasilitasi Kantor Urusan Agama (KUA) untuk memberikan informasi tentang data perkawinan kepada masyarakat melalui internet secara online SIMKAH. merupakan bentuk modernisasi pencatatan perkawinan dan wajib dilakukan oleh KUA. Adapun tujuan dari penlitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pengelolaan SIMKAH yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Gedebage dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap para calon pengantin. Teori yang digunakan berdasarkan pada penelitian ini yaitu menggunakan teori pengelolaan G.R Terry yaitu planing, organizing aktuating dan controling Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif diartikan sebagai keterpaduan penelitian untuk menggali atau memotret ekspresi problematik situasi sosial yang akan dikaji secara ekstensif dan mendalam, sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Impelementasi Pengelolaan SIMKAH Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Calon Pengantin dan mengacu dengan teori yang berkaitan, maka disimpulkan bahwa Pengelolaan SIMKAH di KUA Kecamatan Gedebage yaitu: Pertama, Perencanaan Pengelolaan SIMKAH di KUA Kecamatan Gedebage sudah cukup baik. Kedua, Pengorganisasian pengelolaan SIMKAH di KUA Kecamatan Gedebage dalam pengeorganisasian sudah baik tetapi dalam pembagian tugasnya belum maksimal dikarenakan masih ada yang memegang double job. Ketiga, Pengarahan SIMKAH di KUA Kecamatan Gedebage belum maksimal dikarenakan tidak memberikan pelatihan hanya memberikan motivasi saja ke para pegawainya. Keempat, Pengawasan pengelolaan SIMKAH di KUA Kecamatan Gedebage terlihat dari cara Kepala KUA dalam mengambil tindakan-tidakan yang harus dilakukan terhadap karyawan yang melakukan penyimpangan. Dan bisa dikatakan pengawasan yang dilakukan Kepala KUA sendiri kepada para karyawannya bisa di bilang baik karena bisa meminimalisir penyimpangan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; SIMKAH; Pelayanan Prima
Subjects: General Management > Manajement for Specific Organizations
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Moch. Angga Nurinsan
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:22
Last Modified: 30 Sep 2021 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44216

Actions (login required)

View Item View Item