Munaya, Amira (2021) Hubungan sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dengan mutu pendidikan Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
Abstract
Pemanfaatan sistem informasi manajemen untuk bidang pendidikan sangat diperlukan. Sistem informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dunia pendidikan ini memiliki konsep bagaimana dunia pendidikan berusaha menggunakan perangkat komputer. Dalam pengaplikasian sistem informasi tersebut tidak lain untuk peningkatan mutu pendidikan Madrasah dengan sistem informasi manajemen, Madrasah dengan mudah mendapatkan atau mengakses berbagai data yang diperlukan khususnya dalam penilaian akhir siswa yang menggunakan Aplikasi Rapor Digital (ARD) akan mempermudah guru dalam penilaian proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) di Madrasah Aliyah Se-Kab Sukabum;2) Mutu pendidikan Madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kab Sukabumi; dan 3) Hubungan sistem informasi Manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dengan mutu pendidikan Madrasah di Madrasah Aliyah Se-Kab Sukabumi Penggunaan sistem informasi manajemen sangat penting dalam menunjang pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan dalam penyiapan informasi dan pengolahan data. Hal tersebut berkaitan dengan indikator yang dimiliki oleh sistem informasi manajemen yaitu: 1) Kualitas sistem; 2) Kualitas informasi; dan 3) Kepuasan pengguna. Begitu pun dengan mutu pendidikan di Madrasah cenderung tifak akan dikatakan bermutu tanpa diiringi dengan penjaminan mutu pendidikan salah satunya pada standar penilaian yang mengacu pada penjaminan mutu pendidikan dengan indikator, yaitu: 1) Aspek penilaian sesuai dengan ranah; 2) Teknik penilaian obyektif dan akuntabel; dan 3) Penilaian dilakukan mengikuti prosedur Penelitian ini, bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis kolerasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan lineritas) dan uji korelasi (uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitan, bahwa sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dengan mutu pendidikan Madrasah memiliki korelasi dengan nilai signifikan 0,000>0,05. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi 0,747. Terdapat pada tingkat kekuatan yang kuat karena terdapat pada kategori kategori 0,60 – 0,799. Adapun jenis hubungan variabel sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) dengan mutu pendidikan Madrasah mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,747 dengan tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) maka semakin tinggi pula mutu pendidikan Madrasah. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,558 bermakna bahwa kontribusi variabel sistem informasi manajemen Aplikasi Rapor Digital (ARD) terhadap mutu pendidikan Madrasah adalah 55,8%. Terdapat pada tingkat kekuatan yang kuat, karena masuk pada rentang interval 0,60–0,799 = kuat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen; Aplikasi Rapor Digital (ARD); Mutu Pendidikan Madrasah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Amira Munaya |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 09:33 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 09:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44300 |
Actions (login required)
View Item |