Problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembelajaran daring : Penelitian Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah

Fauziah, Hilda (2021) Problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembelajaran daring : Penelitian Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya pandemi Covid-19 yang membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan yakni pada pendidikan karakter. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan sistem daring. Tiap inovasi tentu tidak selalu berjalan dengan baik selalu ada hambatan maupun tantangan yang terjadi sehingga menjadi suatu problematika tersendiri. Tujuan Dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pentingnya pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di SDN GBI. (2) problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDN GBI (3) solusi mengatasi problematika pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDN GBI. Dalam Penelitian ini yang menjadi kerangka pijakan yaitu Semenjak hadir nya virus Covid-19, banyak hal yang berpengaruh terhadap dunia pendidikan, Khususnya pada pendidikan Karakter. Sekolah yang seharusnya dapat membiasakan anak untuk menerapkan pendidikan karakter khususnya dalam pembelajaran PAI guna dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menjadi terhambat dikarenakan proses pembelajaran selama pandemi ini dilakukan secara daring (dalam jaringan). Sehingga banyaknya problematika – problematika yang bermunculan selama masa pandemi khususnya dalam pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDN GBI sangatlah penting untuk ditanamkan dan dikembangkan dalam setiap mata pelajaran PAI, karena karakter yang dimiliki peserta didik sangatlah penting untuk diterapkan dalam kehidupan dalam masyarakat. (2) problematika pendidikan karakater pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDN GBI berupa tingkat kesadaran, kurangnya dukungan dari kedua orang tua, kedisplinan yang menurun, kejujuran yang minim, tidak bisa memantau secara langsung, kemajuan teknologi, kuota internet, alat komunikasi yang kurang memadai, dan lingkungan. (3) solusi dalam mengatasi problematika pendidikan karakater pada mata pelajaran PAI dalam pembelajaran daring di SDN GBI yaitu memberikan perhatian lebih kepada peserta didik, mengajak orang tua untuk ikut serta dalam mendidik karakter dan aktif dalam aktivitas peserta didik sehari-hari, memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai dampak positif dan negatif pada teknologi, memberikan kefokusan waktu belajar peserta didik dirumah, memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta didik, dan memfasilitasi peserta didik dalam segi finansial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problematika; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Daring
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:09
Last Modified: 04 Oct 2021 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44340

Actions (login required)

View Item View Item