Peran pengasuhan dalam membentuk akhlak anak : Studi kasus kepada anak-anak di Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung

Sumiati, Mia (2021) Peran pengasuhan dalam membentuk akhlak anak : Studi kasus kepada anak-anak di Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Di masa ini anak-anak yang masih menginjak pendidikan sekolah dasar kisaran usia 7-12 tahun memiliki akhlak yang kurang baik, yakni salah satunya kurangnya akhlak pada orang yang seumuran maupun orang yang lebih tua seperti kurangnya akhlak terhadap teman, orang tua, guru, tetangga, dan orang-orang yang ada disekitarnya. Ketika zaman telah berubah dan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi yang beranjak cepat menjadikan anak-anak saat ini mulai krisis akan pembentukan akhlak untuk dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran akhlak anak-anak di Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung, kemudian untuk mengetahui cara pengasuhan orang tua kepada anak-anak di Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Dan untuk mengetahui hasil pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlak anak di Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka pada teknik ini peneliti mengambil informan berupa Ibu rumah tangga yang berada di rw 01- rw 08 Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul, dan memiliki anak yang telah bersekolah di Sekolah Dasar (SD) dengan rentang usia 7-12 tahun. Adapun sampel yang diambil yakni 1 ibu rumah tangga dari setiap rw, sehingga didapat 8 sampel atau 8 subjek penelitian. Sedangkan objek penelitian ini yaitu peran pengasuhan dari orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi akhlak anak bagi anak-anak di Kelurahan Situsaeur ini tidak keseluruhan mempunyai akhlak yang baik dan tidak keseluruhan juga mempunyai akhlak yang tidak baik. Gaya asuh yang diterapkan oleh orang tua di Kelurahan Situsaeur adalah berbagai macam bentuk gaya asuh yang disesuaikan dengan lingkungan dan gaya hidup dari masing-masing keluarga. Kemudian hasil pola asuh orang tua terhadap pembentukan akhlak anak di Kelurahan Situsaeur ini adalah metode penerapan kisah-kisah Nabi dan Rasul dan latihan peribadatan yang membangun dan memotivasi anak, serta mudah dipahami oleh anak serta dalam meniru perilaku baik sesuai agama yang berlandaskan Al-Quran dan Ash-Shunnah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengasuhan; Membentuk; Akhlak
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Mia Sumiati
Date Deposited: 03 Oct 2021 16:55
Last Modified: 03 Oct 2021 16:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44345

Actions (login required)

View Item View Item