Selviani, Kania Mega (2021) Konseling Islami untuk meningkatkan kontrol diri siswa: Penelitian di SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putri Jl.Gegerkalong Girang Kec.Sukasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (208kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena terkait rendahnya kontrol diri siswa dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari seperti kasus bullying, tawuran antar pelajar, seks bebas, penyalahgunaan narkoba dan kasus penyimpangan lainnya. Kontrol diri merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki siswa dalam menentukan tindakan agar tidak menyebabkan penyimpangan. Oleh sebab itu diperlukan berbagai upaya untuk membantu siswa dalam meningkatkan kontrol dirinya agar tercipta suatu perilaku yang positif. SMA Daruut Tauhiid Boarding School Putri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan program konseling islami sebagai upaya untuk meningkatkan kontrol diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan, dan hasil konseling islami untuk meningkatkan kontrol diri siswa di SMA Daruut Tauhiid Boarding School Putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan konseling islami di SMA Daruut Tauhiid Boarding School Putri dapat meningkatkan kontrol diri siswa. Hal ini terlihat pada perubahan perilaku siswa yang sesuai dengan indikator kontrol diri yaitu : kemampuan dalam mengendalikan situasi, kemampuan mengatur stimulus, kemampuan mengantisipasi keadaan dengan berbagai pertimbangan, kemampuan menilai dan menafsirkan suatu keadaan dengan memperhatikan segi-segi positif secara subjektif, kemampuan individu untuk memilih dan menentukan tujuan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling islami;Kontrol Diri;Siswa |
Subjects: | Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Kania Mega Selviani |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 08:35 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 09:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44411 |
Actions (login required)
View Item |