Hubungan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem : Penelitian pada siswa kelas X IPA 4 SMA Yuppentek 1 Tangerang

Sujana, Septi Nurrohmani (2021) Hubungan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem : Penelitian pada siswa kelas X IPA 4 SMA Yuppentek 1 Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Yuppentek 1 Tangerang didapatkan keterangan bahwa ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung sudah menggunakan media berbantu Camtasia pada materi tertentu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1) Menganalisis tanggapan siswa terhadap penggunaan media berbantu Camtasia di kelas X IPA 4 pada materi ekosistem, 2) Menganalisis hasil belajar siswa di kelas X IPA 4 pada materi ekosistem, dan 3) Menganalisis hubungan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia dengan hasil belajar siswa di kelas X IPA 4 pada materi ekosistem. Metode pada penelitian ini menggunakan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes dengan uji normalitas Shapiro Wilk menggunakan SPSS Versi 25. Analisis data pada penelitian ini dengan analisis nonparametric korelasi Kendal’s Tau menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian diperoleh : 1) Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia dari keempat indikator memiliki rata-rata sebesar 2,99 hal ini menunjukkan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Camtasia cukup baik, 2) Hasil belajar kognitif siswa memiliki rata-rata sebesar 72,12 hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA 4 pada materi ekosistem baik, dan 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem diperoleh nilai koefisien sebesar 0,663 termasuk kedalam kategori kuat hal ini menunjukkan bahwa tanggapan siswa dengan hasil belajar kognitif siswa memiliki hubungan yang kuat dan memiliki arah hubungan adalah positif. Implikasi dari tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia yaitu jika semakin baik tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbantu Camtasia maka semakin baik pula hasil belajar kognitif siswa yang diraih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Camtasia; Hasil Belajar
Subjects: Ecology > Food Chains
Ecology > Specific Factors Affecting Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Septi Nurrohmani Sujana
Date Deposited: 04 Oct 2021 09:42
Last Modified: 04 Oct 2021 09:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44460

Actions (login required)

View Item View Item