Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun : Penelitian quasi eksperimen di SMA Pasundan Banjaran

Sambas, Alma Febryana (2021) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun : Penelitian quasi eksperimen di SMA Pasundan Banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran daring yang terpaku pada powerpoint dan kurangnya aktivitas diskusi dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa di kelas XI MIPA yang menunjukkan rata – rata nilai pada mata pelajaran biologi yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Flipped Classroom berbantu Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan design Pretest – Posttest Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes dalam bentuk pretest dan posttest serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa menggunakan pembelajaran Flipped Classroom berbantu Powtoon sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki N-Gain sebesar 0,56 (sedang) dan kelas kontrol memiliki N-Gain sebesar 0,10 (rendah). Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom berbantu Powtoon memperoleh rata – rata sebesar 67,23% dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Flipped Classroom berbantu Powtoon berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Hasil Belajar; Materi Sistem Imun; Powtoon
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alma Febryana Sambas
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:18
Last Modified: 05 Oct 2021 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item