Nurjanah, Nina (2021) Nilai-nilai karakter pada film Sokola Rimba dan relevansinya terhadap pembelajaran PPKn di MI: Penelitian kualitatif deskriptif analisis pada Film Sokola Rimba. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya pemahaman tentang karakter sejak kecil akan mengakibatkan krisisnya nilai-nlai karakter di kalangan generasi muda. Pelajaran yang erat kaitannya dengan nilai-nilai karakter adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan, nilai-nilai karakter yang terdapat pada film Sokola Rimba, dan relevansi nilai-nilai karakter pada film Sokola Rimba terhadap Pembelajaran PPKn di SD atau MI. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis data ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatann kualitatif. Teknik pegumpulan data pada penelitian menggunakan dokumentasi yang memliki dua teknis, yaitu teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotika Ferdinand berdasarkan model penanda dan pertanda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa film Sokola Rimba terdapat 11 nilai-nilai karakter diantaranya adalah karakter religius, peduli sosial, rasa ingin tahu, kerja keras, bersahabat, kreatif, peduli lingkungan, tanggung jawab, toleransi, menghargai prestasi, dan cinta damai dengan jumlah keseluruhan 23 adegan dan relevansi nilai-nilai karakter dalam film sokola Rimba dengan pembelajaran PPKn di MI yaitu nilai karakter religius relevansi dengan materi PPKn di kelas 1 mengenai aturan makan di rumah. Nilai karakter bersahabat memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 2 mengenai kegiatan di rumah yang menunjukan persatuan dalam keberagaman di rumah. Karakter peduli lingkungan memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 3 mengenai keberagaman di lingkungan sekitar. Nilai karakter menghargai prestasi memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 3 mengenai menghargai perbedaan. Nilai karakter cinta damai memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 4 mengenai keberagaman suku di Indonesia. Nilai karakter peduli sosial memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 5 mengenai keberagaman sosial budaya masyarakat. Nilai karakter kreatif memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 5 mengenai keberagaman sosial budaya. Nilai karakter tanggung jawab memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 5 mengenai kewajiban, hak, dan tanggung jawab masyarakat. Nilai karakter toletransi memiliki relenasi dengan materi PPKn kelas 6 mengenai toleransi dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. Nilai karakter rasa ingin tahu memiliki relevansi dengan materi PPKn kelas 6 mengenai sikap dan tindakan yang positif. Nilai karakter kerja keras memiliki relevenasi dengan materi PPKn kelas 6 mengenai kerja keras berbuah kesuksesan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Karakter;Film;PPKn |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nina Nurjanah |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 03:51 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44504 |
Actions (login required)
View Item |