Al Rahmat, Devia Rizky (2021) Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap mutu pendidikan : Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu komponen yang dapat mengembangkan sebuah lembaga pendidikan ialah terkelola nya dengan baik sistem informasi manajemen. Namun, masih ditemui pengelolaan pendidikan yang belum memanfaatkan SIM yang berdampak kurang optimalnya lembaga pendidikan dalam menjalankan fungsi manajemen. Penggunaan SIM yang dilakukan pada sebagian SMK Muhammadiyah hanya memakai aplikasi yang sudah ada atau disediakan oleh dinas terkait seperti dapodik dan aplikasi microsoft office. Kurang nya inovasi dalam pengembangan SIM mengakibatkan sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah mengalami sedikit ketertinggalan dalam hal penggunaan teknologi. Hal ini dapat mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sistem informasi manajemen di SMK Muhammadiyah Kota Bandung, untuk mengetahui mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah Kota Bandung, dan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen terhadap mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 60 guru yang mengajar di SMK Muhammadiyah Kota Bandung. Adapun instrumen yang digunakan yaitu angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai sistem informasi manajemen dan mutu pendidikan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah 1) validtas, 2) reliabilitas, 3) analisis parsial indikator, 4) normalitas, 5) analisis regresi sederhana, 6) uji t-test, dan 7) koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem informasi manajemen di SMK Muhammadiyah Kota Bandung memiliki nilai rata-rata sebesar 4,03 yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata dari mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah sebesar 4,64 yang termasuk dalam kartegori sangat tinggi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem informasi manajemen dengan mutu pendidikan sebesar 0,818 , dengan nilai signifikansi 0,000. Oleh karena itu sig. 0,000< 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel sistem manajemen (X) dan mutu pendidikan (Y) searah, dimana setiap kenaikan setaiap satusatuan variabel sistem manajemen (X) akan menyebabkan kenaikan mutu pendidikan (Y) sebesar 0,818. Sealin itu diperoleh persamaan regresi Y- 12,360 + 0,818X. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh sistem informasi manajemen (X) terhadap mutu pendidikan (Y) sebesar 60,7 % dan selebihnya 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen; Mutu |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management General Management > Control and Quality Management General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Devia Rizky Al Rahmat |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 06:03 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44547 |
Actions (login required)
View Item |