Fauziah, Kamila Nur (2021) Kemampuan kognitif anak melalui penggunaan media Dakon Geometri : Penelitian kelompok B di RA Miftahul Falah Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (696kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang menarik untuk diteliti mengingat pembelajaran berhitung pada anak menjadi kurang menarik dan monoton karena guru menggunakan media yang kurang variatif. Anak usia dini memiliki cara berpikir egosentris, belum siap untuk berpikir logis. Selain itu, anak cenderung tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap konsep berhitung, konsentrasi anak belum maksimal, dan media yang digunakan belum menarik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media dakon geometri (kelas eksperimen) pada kelompok B RA Miftahul Falah Cileunyi Kabupaten Bandung; 2) Kemampuan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media kotak berhitung (kelas kontrol) pada kelompok B RA Miftahul Falah Cileunyi Kabupaten Bandung; dan 3) Perbedaan kemampuan kognitif anak usia dini antara media Dakon Geometri dengan media kotak berhitung pada kelompok B RA Miftahul Falah Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu dasar pemikiran bahwa perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan manusia yang berkaitan dengan pengetahuan yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya. Pengembangan kognitif diarahkan pada pengembangan kemampuan auditory, visual, taktil, kinestetik, aritmatika, geometri dan sains permulaan. Perkembangan kognitif mengacu kepada kemampuan yang dimiliki seorang anak untuk memahami sesuatu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode kuasi ekperimen. Responden dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena seluruh anggota populasi yaitu kelas B RA Miftahul Falah Cileunyi Bandung dengan jumlah 26 anak ditetapkan sebagai objek penelitian. Data penelitian ini diperoleh melalui unjuk kerja, dokumentasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak kelas eksperimen dengan melalui media dakon geometri baru di peroleh nilai rata – rata pre test sebesar 56 dengan kategori kurang dan nilai rata – rata post test sebesar 77 dengan kategori baik . Sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan media kotak berhitung di peroleh nilai rata – rata pre test sebesar 52 dengan kategori kurang dan post test sebesar 72 dengan kategori baik . Perbandingan kemampuan kognitif anak dengan media dakon geometrid dan kotak berhitung tidak ada perbedaan signifikan , hal ini di buktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukan nilai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; pendidikan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Kamila Nur Fauziah |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44569 |
Actions (login required)
View Item |