Pelaksanaan program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan secara dinamika kolaboratif studi di Kelurahan Panjunan Kota Bandung

Nurbekti, Abdul Hadiy (2021) Pelaksanaan program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan secara dinamika kolaboratif studi di Kelurahan Panjunan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.docx.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Semenjak digulirkannya kebijakan otonomi daerah, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Daerah diberikan kewenangan dalam menangani serta memajukan daerahnya sesuai karakteristik daerahnya masing-masing. Merespon hal tersebut pemerintah Kota Bandung meluncurkan sebuah program guna mewujudkan demokratisasi pembangunan lokal, dengan pendekatan kolaborasi antar stekholder, yaitu Program Inovasi Pembangunan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK). Namun pada pelaksanaannya selalu mengalami perkembangan dengan segudang permasalahan terutama kolaborasi antar aktor PIPPK di Kelurahan Panjunan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan Program Inovasi Pembangunan Dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) secara dinamika kolaboratif studi di kelurahan panjunan kota bandung. Penelitian ini menggunakan teori collaborative governance regime dengan konsep dinamika kolaborasi dari Emerson dan Nabatchi dengan dimensi principle engagement, shered motivation, dan capacity for joint action. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data ialah teknik pengamatan, wawancara yang terstruktur ataupun tidak, dokumentasi dan meteri-materi visual, dengan jumlah 6 narasumber yang mengetahui secara langsung tentang penelitian ini. Adapun mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan penelitian ini dinamika kolaborasi dalam Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan Kelurahan Panjunan ini sudah berjalan, dengan melibatkan Pemerintah, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), dan masyarakat. Setiap aktor saling bertukar informasi terkait kebutuhan dan kendala dalam menjalankan PIPPK, sehingga terdapat hasil keputusan bersama. Namun, masih terdapat hal yang belum berjalan efektif, karena masih ditemukan kelemahan di beberapa komponen seperti shered motivation, dan capacity for joint action dalam menjalan proses kolaborasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dinamika kolaborasi; Inovasi pembangunan; Pemberdayaan kewilayah; Panjunan; Kota Bandung.
Subjects: Public Administration > Dictionaries and Encyclopedia
Public Administration > Research, Related Topics
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Abdul Hadiy Nurbekti
Date Deposited: 08 Oct 2021 05:23
Last Modified: 08 Oct 2021 05:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44742

Actions (login required)

View Item View Item