Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) calon guru fisika untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi getaran harmonis sederhana

Putri, Dea Anjani (2021) Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) calon guru fisika untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa pada materi getaran harmonis sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut calon guru untuk dapat menguasai konten, pedagogi dan teknologi. Dengan harapan penerapan teknologi didalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep yang dimiliki peserta didik. Penguasaan konsep merupakan kemampuan peserta didik yang mampu untuk memahami makna dari suatu konsep baik secara teori maupun penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya peserta didik belum mampu untuk menguasai konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, perbedaan dan peningkatan kemampuan penguasaan konsep siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan calon guru yang menerapkan TPACK dalam pembelajarannya pada materi getaran harmonis sederhana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah speserta didik kelas X SMA Negeri 5 OKU, dengan sampel sebanyak 20 peserta didik dari setiap kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelompok kontrol dan X IPA 3 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah CoRe (Content Representation) dan Pap-eRs (Pedagogical and Professional-experience Repertoire), lembar observasi keterlaksanaan aktivitas pembelajaran dan soal tes penguasaan konsep. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan rata-rata pembelajaran yang efektif. Nilai N-Gain yang di peroleh pada kelas kontrol berada dalam kategori rendah yaitu 0,11 dan kelas eksperimen 0,4 dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis data soal postest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan nilai Sig.(2tailed) adalah 0,000, sehingga Ha diterima H0 ditolak. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan kemampuan TPACK calon guru dalam kategori cukup dalam pembelajaran memperoleh perbedaan peningkatan penguasaan konsep pada materi getaran harmonis sederhana dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan TPACK (Technologycal Pedagogical Content Knowledge) calon guru; Penguasaan konsep siswa; Getaran Harmonis Sederhana
Subjects: Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dea Anjani Putri
Date Deposited: 08 Oct 2021 05:54
Last Modified: 08 Oct 2021 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44743

Actions (login required)

View Item View Item