Pengaruh aset pajak tangguhan (Deferred Tax Asset) dan aset tetap (Fixed Asset) terhadap total aset (Total Asset) pada PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019

Maha, Nurmayanti S (2021) Pengaruh aset pajak tangguhan (Deferred Tax Asset) dan aset tetap (Fixed Asset) terhadap total aset (Total Asset) pada PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menilai suatu perusahaan lewat analisis laporan keuangan salah satunya mengetahui hal yang berkenaan dengan kekayaan atau aset yang dimiliki perusahaan. Total aset dipengaruhi oleh beberapa faktor ataupun jenis-jenis aset, adapun jenis aset tersebut adalah aset lancar, aset tidak lancar, aset berwujud dan sebagainya. Aset tidak lancar terbagi menjadi beberapa, pada penelitian ini yang diteliti adalah dari aset pajak tangguhan dan aset tetap yang termasuk pada aset tidak lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh aset pajak tangguhan secara parsial terhadap total aset, bagaimana pengaruh aset tetap secara parsial terhadap total aset serta bagaimana pengaruh aset pajak tangguhan dan aset tetap secara parsial terhadap total aset. Adapun kerangka berfikir dari penelitian ini adalah total aset atau variabel dependen dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, sedangkan dalam penelitian ini dipengaruhi oleh variabel independen yaitu aset pajak tangguhan dan aset tetap. Aset pajak tangguhan dan aset tetap bisa mempengaruhi total aset secara masing�masing maupun bersamaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan pada website resmi PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial aset pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap total aset pada PT. Bank Panin Dubai Syariah, hal ini ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,357 (lemah), koefisien determinasi sebesar 0,127 atau 12,7% dan nilai thitung < ttabel (1,612 < 2,101). Kemudian secara parsial aset tetap berpengaruh signifikan terhadap total aset pada PT. Bank Panin Dubai Syariah yang ditunjukkan dengan korelasi sebesar 0,711 (kuat), koefisien determinasi sebesar 0,505 atau 50,5% dan nilai thitung > ttabel (4,291 > 2,101). Sedangkan secara simultan aset pajak tangguhan dan aset tetap berpengaruh signifikan terhadap total aset, hal ini ditunjukkan dengan korelasi berganda sebesar 0,749 (kuat), koefisien determinasi sebesar 0,562 atau 56,2% dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 10,913 > 3,59 pada PT. Bank Panin Dubai Syariah periode 2015-2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aset pajak tangguhan; Aset tetap; Total Aset
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nurmayanti S Maha
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:36
Last Modified: 08 Oct 2021 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44754

Actions (login required)

View Item View Item