Gina Kusumadewi S, Gina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Optik Geometris. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text (BAB III)
5_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
||
Text (BAB IV)
6_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
Abstract
Hasil study pendahuluan di kelas X Mia 3 SMAN 10 Garut salah satunya menggunakan metode wawancara dengan guru fisika kelas X menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih kurang dikarenakan proses pembelajaran yang masih bergantung pada guru, akan tetapi peserta didik yang mampu bertanya dan menyatakan pendapatnya hanya sebagian orang. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif picture and picture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan scientific dengan jenis data yang diambil dalam penelitian adalah data kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep pada materi optik geometris dan data kualitatf dengan menggunakan isntrumen berupa Lembar Observasi (LO) ketelaksanaan model pembelajaran kooperatif picture and picture, dan Lembar Observasi (LO) kemam¬puan pemahaman konsep. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X Mia 3 SMAN 10 Garut, berjumlah 38 peserta didik. Metode penelitian yang telah digunakan adalah pre eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posstest design dan pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang dipakai dalam pene¬litian ini adalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep fisika terhadap peserta didik, dengan memperoleh hasil pengolahan data nilai rata-rata pretest mendapatkan 57,94 %, nilai posstest mendapatkan 79,94 % dan memiliki nilai rata-rata N-Gain 0,69 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif picture and picture, pemahaman konsep, optika geometris. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 06:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4477 |
Actions (login required)
View Item |