Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui objek pariwisata Balong Geulis : Studi deskriptif di objek pariwisata Balong Geulis desa Jaya Mekar kecamatan Cibugel kabupaten Sumedang

Wardana, Jabbar (2021) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui objek pariwisata Balong Geulis : Studi deskriptif di objek pariwisata Balong Geulis desa Jaya Mekar kecamatan Cibugel kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Sumedang adalah daerah yang subur dengan potensi keindahan alam yang melimpah, namun disisi lain masih banyak masyarakatnya yang hidup kekurangan, bahkan tidak memiliki pekerjaan. Pembukaan objek pariwisata Balong Geulis di desa Jaya Mekar, mungkin menjadi salah satu solusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari didirikannya objek pariwisata Balong Geulis terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa Jaya Mekar, kecamatan Cibugel, kabupaten Sumedang. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini berbasis pada teori investasi yang dikemukakan oleh Makmun dan Yasin dimana Investasi dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, karena investasi dapat meningkatkan output dan permintaan input yang akhirnya akan berimbas kepada peningkatan lapangan kerja dan juga kesejahteraan masyarakat yang di akibatkan dari peningkatan pendapatan masyarakat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data ada empat tahap yang di lalui, yang pertama adalah pengambilan atau pengumpulan data, yang ke dua adalah reduksi data, yang ketiga adalah kategorisasi data dan yang terakhir adalah pengambilan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa objek pariwisata Balong Geulis memiliki dampak yang positif terhadap masyarakat desa Jaya Mekar, salah satu dampak yang terlihat adalah terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat, baik sebagai pekerja ataupun pedagang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objek Pariwisata Balong Geulis; Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Jabbar Wardana
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:50
Last Modified: 08 Oct 2021 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44797

Actions (login required)

View Item View Item