Penerapan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan Covid-19 TVRI Jawa Barat : Studi deskriptif undang-undang no.40 tahun 1999 pasal 7 ayat 2 tentang kode etik jurnalistik di kalangan Wartawan TVRI Jawa barat

Maulana, Ricky (2021) Penerapan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan Covid-19 TVRI Jawa Barat : Studi deskriptif undang-undang no.40 tahun 1999 pasal 7 ayat 2 tentang kode etik jurnalistik di kalangan Wartawan TVRI Jawa barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Setiap pekerjaan tentunya mempunyai sebuah aturan yang dibentuk oleh setiap lembaga untuk mencetak tenaga kerja profesional, salah satunya wartawan. Wartawan sendiri termasuk suatu profesi dimana tiap profesi pastinya memiliki etika jurnalis yaitu harus mematuhi kode etik jurnalistik berdasarkan ketentuan Undang-Undang No.40 Tahun 1999 tentang kode etik jurnalistik pasal 7 ayat 2 dalam memperoleh berita Covid-19, sebab di Indonesia berita ini mengakibatkan keresahan publik, dikarenakan berbagai berita terkait virus ini tersebar dengan pesat di televisi dan sudah banyak manusia yang terinfeksi virus Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan Covid-19 di TVRI Jawa Barat. Penerapan kode etik jurnalistik ditinjau dari wartawan TVRI Jawa Barat dalam menjaga privasi narasumber yang terjangkit Covid-19, wartawan TVRI Jawa Barat tidak menimbulkan kekhawatiran dalam menginformasikan berita Covid-19, wartawan TVRI Jawa Barat tidak menerima suap dalam pemberitaan Covid-19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan review dokumen. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sample penelitian yang berjumlah 5 informan telah didapat dengan menggunakan teknik secara purposive melalui kriteria ataupun persyaratan yang dibutuhkan, yakni tim redaksi dalam proses pemberitaan Covid-19 yaitu kepala berita, produser, reporter, kameramen, dan editor di TVRI Jawa Barat. Hasil dari penelitian ini adalah TVRI Jawa Barat sebagai lembaga penyiaran publik milik pemerintah yang mana stasiun TVRI Jawa Barat tetap menerapkan kode etik jurnalistik dalam pemberitaan Covid-19, walaupun terdapat beberapa pelanggaran ringan terhadap proses pemberitaannya. Hal ini tidak berpengaruh, sebab TVRI Jawa Barat telah menyajikan berita Covid-19 kepada masyarakat sudah akurat sehingga tidak membuat kegaduhan atau kekhawatiran akan pemberitaan Covid-19 yang disiarkan. Sesuai dengan visi dan misi TVRI Jawa Barat ialah mewujudkan TVRI Jawa Barat sebagai media penggerak pemersatu bangsa dan untuk mempersatukan kesatuan bangsa sebagai kontrol sosial pusat pelayan informasi kepada masyarakat Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Covid-19(;)Kode Etik Jurnalistik(;)TVRI Jawa Barat
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Ethics of Recreation, Public Performances, Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ricky Maulana
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:45
Last Modified: 11 Oct 2021 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44801

Actions (login required)

View Item View Item