Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Triyasa)

Widya Ayu, Widya (2015) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Triyasa). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis siswa dinilai masih rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan pembelajaran di kelas yang masih bersifat teacher centered. Model Problem Based Instruction (PBI) digunakan sebagai alternatif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa dengan model Problem Based Instruction (PBI) berkelompok dan model Problem Based Instruction (PBI) berpasangan. (b) Perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) berkelompok, model Problem Based Instruction (PBI) berpasangan dan pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap model Problem Based Instruction (PBI) berkelompok dan model Problem Based Instruction (PBI) berpasangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan menjadi semakin baik. (b) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang yang menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) berkelompok, model Problem Based Instruction (PBI) berpasangan dan pembelajaran konvensional. (c) Sikap siswa terhadap penerapan model Problem Based Instruction (PBI) berkelompok dan model Problem Based Instruction (PBI) berpasangan secara umum respon siswa positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Instruction (PBI), koneksi matematis, ANOVA satu jalur.
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 12:54
Last Modified: 24 Oct 2017 12:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item