Bimbingan baca tulis Al-Qur'an Braille untuk anak tunanetra di SLB Hasrat Mulia

Sunarno, Sunarno (2021) Bimbingan baca tulis Al-Qur'an Braille untuk anak tunanetra di SLB Hasrat Mulia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurang memadainya layanan bimbingan baca tulis al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus tunanetra, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh pihak sekolah secara mandiri. Sebagai bentuk perhatian pihak yayasan terhadap anak berkebutuhan khusus tunanetra yaitu dengan dilaksanakannya kegiatan bimbingan baca tulis al-Qur’an sebagai upaya membantu meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an oleh SLB Hasrat Mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, hambatan, dan hasil bimbingan baca tulis al-Qur’an Braille untuk anak tunanetra di SLB Hasrat Mulia. Penelitian ini didasari dengan konsep pemikiran bahwa bimbingan baca tulis al-Qur’an Braille merupakan proses pemberian bantuan kepada individu yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi diri yang dimiliki oleh anak tunanetra agar dapat hidup lebih baik guna mecapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasif dan wawancara mendalam. Penelitian ini menunyjukan hasil bahwa bimbingan baca tulis al-Qur’an Braille untuk anak tunanetra di SLB Hasrat Mulia memiliki hasil yang sangat baik. Bimbingan baca tulis al-Qur’an memiliki dampak yang baik terhadap kemampuan anak, baik dari aspek penguasaan ilmu tajwidnya, kefasihan bacaan, kelancaran membaca dan menulisnya, pemahaman, dan kemandiriannya, serta telah berhasil meraih berbagai prestasi dari keikut sertaanya dalam perlombaan-perlombaan tahfidz baik tingkat kabupaten maupun nasional yang menjadi sebuah kebanggaan bersama bagi keluarga besar SLB Hasrat Mulia. Keberhasilan bimbingan baca tulis al-Qur’an Braille di SLB Hasrat Mulia tidak terlepas dari penggunaan reglet sebagai media pembelajaran dalam bimbingan menulis dan membaca huruf titik-titik timbul braille untuk anak tunanetra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Baca Tulis Al-Qur’an Braille; Anak Tunanetra
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sunarno Sunarno
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:15
Last Modified: 11 Oct 2021 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44860

Actions (login required)

View Item View Item