Peran perempuan dalam perekonomian keluarga: Studi kasus perempuan pekerja pandai besi Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung

Solihah, Maya Nuraeni (2021) Peran perempuan dalam perekonomian keluarga: Studi kasus perempuan pekerja pandai besi Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran perempuan dalam perekonomian keluarga pada pekerja pandai besi di Desa Mekarmaju Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Menjadi perempuan yang memiliki beberapa peran tidaklah mudah, diperlukan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat menunjang peran tersebut. Apabila perempuan berperan sebagai pengurus rumah tangga dan bekerja, maka perempuan tersebut harus dapat membagi-bagi waktu agar salahsatu peran tidak terabaikan. Rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga di desa mekarmaju, faktor yang mendorong perempuan di desa Mekarmaju untuk ikut berperan dalam meningkatkan perekomonian keluarga, dampak peran ganda perempuan Desa Mekarmaju dan persepsi masyarakat mengenai perempuan yang bekerja. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional dari James Coleman, Dalam hal ini, perempuan memutuskan untuk bekerja merupakan upaya pilihan yang paling rasional dalam membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perilaku perempuan Desa Mekarmaju dalam memanfaatkan peluang yang ada dan bagaimana rasionalitas perempuan tersebut hingga memutuskan untuk bekerja. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yaitu pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, pengumpulan data dan analisis data demi mengetahui kondisi objektif di lapangan. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer, yaitu penduduk Desa Mekarmaju. Kemudian sumber data sekunder yang di dapatkan melalui buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kondisi ekonomi keluarga dapat tercukupi dengan bantuan perempuan (istri) yang bekerja sebagai pengusaha pandai besi dan buruh pandai besi. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi perempuan desa mekarmaju ikut bekerja yang pertama yaitu faktor ekonomi, faktor lingkungan dan faktor lainnya. Terdapat dampak positif dan negatif dalam pelaksanaan peran ganda perempuan di Desa Mekarmaju. Perspektif masyarakat terhadap perempuan yang bekerja untuk memenuhi perekonomian keluarga masih terdapat pro dan kontra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran;Perempuan;Ekonomi;Keluarga
Subjects: Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Maya Nuraeni Solihah
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:41
Last Modified: 14 Oct 2021 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44862

Actions (login required)

View Item View Item