Pengembangan media Powerpoint berbasis Macro VBA untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Vektor

Suryani, Ranti (2021) Pengembangan media Powerpoint berbasis Macro VBA untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Vektor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (996kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hasil studi pendahuluan menunjukkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih termasuk kedalam kategori rendah dan guru masih menggunakan media konvensional dalam pembelajaran fisika. Penelitian pengembangan media powerpoint berbasis macro VBA bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat kelayakan media power point berbasis macro VBA, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media power point berbasis macro VBA, dan 3) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik menggunakan kelas X MIPA SMAN 1 Pasaman pada materi vektor. Subjek penelitian uji coba pengembangan media powerpoint berbasis macro VBA berjumlah 35 orang peserta didik. Hasil penelitian meliputi: 1) Pengembangan media powerpoint berbasis macro VBA menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) dengan langkah-langkah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) memperoleh hasil kelayakan sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 86,44%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media power point berbasis macro VBA memperoleh persentase rata-rata sebesar 83,65% untuk aktivitas guru dan 82,69% untuk aktivitas peserta didik dengan masing-masing berada pada kategori baik, 3) Penggunaan media power point berbasis macro VBA pada materi vektor dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan rata-rata skor n-gain 0,68 dengan interpretasi sedang. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah media power point berbasis macro VBA mampu diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi vektor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran power point; macro VBA; keterampilan pemecahan masalah; vektor
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ranti Suryani
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:14
Last Modified: 11 Oct 2021 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44863

Actions (login required)

View Item View Item