Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Mitra Energi Persada, Tbk periode 2010-2019

Fitri, Dea Nofiana (2021) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT Mitra Energi Persada, Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan investor yang menggunakan profitabilitas sebagai tolak ukur untuk mempresentasikan besaran keuntungan yang akan diperoleh dari menginvestasikan asetnya pada suatu perusahaan yang tercermin dalam Return On Asset (ROA). Total Asset Turnover (TATO) mengukur kemampuan peusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya, sedangkan Debt to Asset Ratio (DAR) merupakan rasio yang mengukur seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang atau seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelolaan aktiva. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), (2) pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), dan (3) pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Mitra Energi Persada Tbk. Periode 2010-2019. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Total Asset Turnover dan Debt to Asset Ratio, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Asset yang dimiliki. Sedangkan ketika Debt to Asset Ratio (DAR) mengalami kenaikan maka Return on Asset akan menurun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Mitra Energi Persada periode 2010-2019 new.mitraenergipersada.com. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, koefisien determinasi, dan annalisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Total Asset Turnover di PT. Mitra Energi Persada, Tbk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 24,2%. 2) Debt to Asset Ratio di PT. Mitra Energi Persada, Tbk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset dengan koefisien determinasi sebesar 9,4%. 3) Total Asset Turnover dan Debt to Asset Ratio secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Asset dengan koefisien determinasi sebesar 39,18%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO); Debt to Asset Ratio (DAR); Return on Asset (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dea Nofiana Fitri
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:09
Last Modified: 18 Oct 2021 00:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44876

Actions (login required)

View Item View Item