Interaksi sosial masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memperkuat integrasi : Studi di Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung

Faradilla, Yunda (2021) Interaksi sosial masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam memperkuat integrasi : Studi di Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Dalam lingkungan bermasyarakat pasti terdapat interaksi sosial di dalamnya. Interaksi sosial terjalin di mana pun dan dengan siapa pun, baik dengan lingkungan keluarga maupun masyarakat. Terutama dalam lingkungan masyarakat yang di dalamnya memiliki banyak perbedaan termasuk perbedaan ekonomi atau mata pencaharian, seperti di Kelurahan Rancaekek Kencana, masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta dan PNS dalam melaksanakan suatu agenda atau kegiatan masyarakat dapat menjalin interaksi sosial yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta, dan PNS di Kelurahan Rancaekek Kencana menjalin interaksi sosial yang baik dengan berbagai bentuk interaksi yang dijalinnya dalam memperkuat integrasi masyarakatnya. Pada teori yang dikemukakan oleh Herbert Blumer bahwa individu dapat melakukan interaksi sosial melalui simbol atau tanda. Terjadinya interaksi tersebut melalui objek yang dipahaminya lalu proses indikasi diri, kemudian individu memahami sesuatu, menilai, dan memberi makna, kemudian berperilaku berdasarkan makna itu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara terbuka dengan informan seperti Aparatur Kelurahan Rancaekek Kencana dan masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta, dan PNS di daerah setempat, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku-buku, jurnal dan skripsi, dan blog internet yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini, dapat dilihat bahwa masyarakat petani, pedagang, pegawai swasta dan PNS di Kelurahan Rancaekek Kencana secara keseluruhan menjalin interaksi sosial yang baik satu sama lainnnya, tanpa melihat adanya perbedaan. Terjalinnya interaksi sosial tersebut tentunya sangat memperkuat integrasi masyarakat, terutama dalam mengatasi setiap permasalahan yang terjadi di lingkungannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa interaksi sosial masyarakat dengan perbedaan mata pencaharian di Kelurahan Rancaekek Kencana terjalin sangat baik, dan mereka dapat memperkuat integrasi masyarakat di dalamnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Integrasi; Mata Pencaharian
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yunda Faradilla
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:06
Last Modified: 11 Oct 2021 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44877

Actions (login required)

View Item View Item