Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan siswa saat pembelajaran Online pada masa pandemi Covid-19

Rosanah, Rosanah (2021) Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan siswa saat pembelajaran Online pada masa pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.docx.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran di Indonesia bahkan dunia harus dilaksanakan secara online sebagai dampai dari penyebaran virus covid-19. Keterlibatan dari orang tua menjadi sangat diperlukan bagi siswa selama pembelajaran online. Keterlibatan orang selama pembelajaran online, dapat dilihat saat orang tua membantu anak ketika anak mengalami kesulitan, memberikan fasilitas, motivasi, dan kemudian orang tua memberikan perhatiannya. Tugas yang diberikan guru tersebut akan cepat terselesaikan dan anak menjadi disiplin untuk mengumpulkan tugas tepat waktu. sebaliknya, jika orang tua tidak ikut terlibat maka anak pun akan kurang disiplin saat pembelajaran online. Maka dari itu, Keterlibatan orang tua menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kedisiplinan siswa saat pembelajaran online. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keterlibatan orang tua pada pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 di kelas 3 di SDN Maruyung I, untuk mengetahui kedisiplinan siswa saat pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 pada kelas 3 di SDN Maruyung I, dan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan siswa saat pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 pada kelas 3 di SDN Maruyung I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di SDN Maruyung I. Sampel penelitian ialah kelas 3 di SDN Maruyung I sebanyak 71 siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan angket yaitu angket keterlibatan orang tua dan angket kedisiplinan siswa saat pembelajaran online. Dalam angket ini menggunakan angket model Skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk uji persyaratan analisisnya menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas dengan menggunakan bantuan dari program SPSS Statistic 26. Jenis penelitan ini ialah penelitian dua variabel, pada variabel (X) ialah keterlibatan orang tua dan variabel (Y) ialah kedisiplinan siswa saat pembelajaran online. Hasilnya ialah keterlibatan orang tua terhadap kedisiplinan siswa saat pembelajaran online, yaitu tergolong baik sebesar 80%. Sedangkan tingkat kedisiplinan siswa saat pembelajaran online pada kategori baik sebesar 59%. Dari data penelitian ini diperoleh rtabel 5% = 0,234 dan untuk rhitung = 0,321. Maka H0 ditolak karena 0,321 > 0,234. Kedua variabel memiliki korelasi yang positif dengan tingkat hubungan yang lemah. Pada nilai signifikasinya ialah 0,006 dimana 0,006 lebih kecil dari 0,05 dan untuk koefisien determinasinya ialah sebesar 10,3%. Pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara keterlibatan orang tua dan kedisiplinan siswa saat pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Dapat disimpulkan keterlibatan orang tua memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan siswa saat pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orang Tua; Kedisiplinan Siswa; Pembelajaran Online; Pandemi Covid-19
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosanah Rosanah
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:08
Last Modified: 11 Oct 2021 08:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44886

Actions (login required)

View Item View Item