Pemberdayaan penyandang disabilitas tunanetra dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia : Studi deskriptif di Lembaga Kesejahteraan Sosial Tunanetra Budi Nurani Kota Sukabumi

'Arif, Ilma Ziyaadatul (2021) Pemberdayaan penyandang disabilitas tunanetra dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia : Studi deskriptif di Lembaga Kesejahteraan Sosial Tunanetra Budi Nurani Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan merupakan proses untuk meningkatkan harkat dan martabat strata masyarakat yang memiliki kondisi tidak mampu untuk melepaskan diri dari ketidakberdayaan dan keterbelakangan. Salah satu masyarakat yang mengalami ketidakberdayaan adalah penyandang disabilitas, mereka adalah kelompok masyarakat yang tergolong lemah karena adanya keterbatasan pada fisik seperti halnya penyandang tunanetra yang memiliki keterbatasan pada penglihatan. Dengan adanya Lembaga Kesejahteraan Sosial Tunanetra Budi Nurani yang merupakan lembaga pemberdayaan bagi penyandang disabilitas tunanetra dengan menjalankan program-program pemberdayaan yang bertujuan untuk memandirikan para penyandang tunanetra agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis proses dan program pemberdayaan bagi penyandang tunanetra yang dilakukan oleh LKS Tunanetra Budi Nurani dalam meningkatkan kualitas SDM. Permasalahan pada penelitian ini yaitu meneliti proses dan program pemberdayaan dari proses awal hingga proses pelaksanaan program, tujuan pemberdayaan di LKS, hingga menganalisis hasil sebelum dan sesudah penyandang disabilitas mengikuti program pemberdayaan di LKS Tunanetra Budi Nurani. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Edi Suharto yaitu pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagai suatu proses, pemberdayaan adalah serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan dan keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat. Sebagai tujuan, pemberdayaan mengacu pada kondisi atau hasil yang ingin dicapai melalui perubahan sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif. adapun pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian bahwa program pemberdayaan bagi para penyandang tunanetra yang dilakukan oleh LKS Tunanetra Budi Nurani berhasil mencetak potensi dan keahlian pada penyandang disabilitas tunanetra dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri dan menjadikan mereka sebagai sumber daya manusia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Penyandang Disabilitas Tunanetra; Kualitas Sumber Daya Manusia;
Subjects: Social Process > Social Change
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: 'Ilma Ziyaadatul 'Arif
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:37
Last Modified: 11 Oct 2021 08:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44890

Actions (login required)

View Item View Item