Pengaruh pembiayaan Segmen Consumer Bangking (CBG) dan Micro Banking (MBG) terhadap Profitabilitas Retail Banking (RBG) pada PT Bank BRI Syariah periode 2015-2019

Dewi, Puteri Nea Marisa (2021) Pengaruh pembiayaan Segmen Consumer Bangking (CBG) dan Micro Banking (MBG) terhadap Profitabilitas Retail Banking (RBG) pada PT Bank BRI Syariah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbankan syariah yang mulai dipercaya oleh masyarakat untuk menyimpan dana dengan menggunakan sistem bagi hasil dalam kegiatan mereka dan menghindari perilaku riba bank tradisional yang dilarang oleh Al-Quran. Tidak hanya dalam menyimpan dana, masyarakat juga akan merasa terbantu dengan adanya pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembiayaan segmen Consumer Banking (2) mengetahui pengaruh pembiayaan segmen Micro Banking (3) mengetahui pengaruh pembiayaan consumer banking dan micro banking terhadap profitabilitas retail banking pada PT. Bank BRI Syariah Periode 2015-2019. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagaimana diuraikan bahwa semakin tinggi consumer banking dan micro banking, maka semakin tinggi pula Profitabilitas retail banking. Penelitian ini yang telah dilakukan ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada metode analisis deskriptif. Data diambil dari laporan keuangan triwulan pada PT. Bank BRI Syariah periode 2015-2019 yaitu merupakan data sekunder yang telah dipublish pada website resmi yakni www.brisyariah.co.id. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS For Windows versi 23 dengan teknik analisis data yaitu regresi sederhana, korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa Pembiayaan Consumer Banking secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Retail Banking dengan nilai Koefisien Determinasi consumer banking sebesar 1,2%. Pembiayaan Micro Banking secara parsial terbukti berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Profitabilitas Retail Banking dengan Koefisien Determinasi micro banking menunjukkan nilai sebesar 16,9%. Pembiayaan consumer banking dan micro banking secara simultan tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas Retail Banking dengan nilai Koefisien Determinasi 17,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Consumer bangking; micro bangking; retail banking
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: puteri nea marisa dewi
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:18
Last Modified: 26 Oct 2021 22:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44896

Actions (login required)

View Item View Item