Syifa Fauziah, Syifa (2015) Tanggapan Siswa Terhadap Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Hubungannya Dengan Hasil Belajar Kognitif Mereka Pada Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Pengurusan Jenazah Dalam Islam. (Penelitian Terhadap Siswa Kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_babI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_babII.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (BAB III)
6_babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) |
||
Text (BAB IV)
7_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di kelas XI SMA Karya Budi diperoleh informasi bahwa dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI sudah diterapkan model cooperative learning tipe two stay two stray yang memfasilitasi siswa untuk aktif. Namun pada kenyataannya, diperoleh informasi bahwa mengenai hasil belajar kognitif mereka masih kurang. Dari permasalahan tersebut muncul permasalahan untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap model cooperative learning tipe two stay two stray, realitas hasil belajar kognitif mereka dan realitas hubungan antara tanggapan siswa kelas XI SMA Karya Budi terhadap model cooperative learning tipe two stay two stray dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan pengurusan jenazah dalam Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa model cooperative learning tipe two stay two stray, dapat melatih siswa untuk memiliki keterampilan, baik keterampilan berpikir maupun keterampilan sosial. Berdasarkan pemikiran tersebut maka hipotesis penelitian ini: terdapat hubungan yang positif antara tanggapan siswa terhadap model cooperative learning tipe two stay two stray dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan pengurusan jenazah dalam Islam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket dan tes soal dari 74 responden sebagai teknik inti, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu teknik deskriptif dan korelasi menggunakan Rank Spearman (Rho). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap model cooperative learning tipe two stay two stray berkategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 4.14 yang berada pada interval 3.40-4.19. Realitas hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan pengurusan jenazah dalam Islam berkategori cukup. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 69 yang berada pada interval 60–69. Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap model cooperative learning tipe two stay two stray dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan pengurusan jenazah dalam Islam termasuk dalam korelasi rendah yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 0.31 nilai tersebut terdapat pada interval 0.21-0.40. Hasil pengujian hipotesisnya, diperoleh nilai thitung sebesar 2.78 > ttabel sebesar 1.997. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, terdapat hubungan korelasi yang lemah dan rendah antara variabel X dan variabel Y dengan tingkat pengaruh sebesar 6%. Sedangkan ada 94% faktor lain baik dari internal maupun dari faktor eksternal yang mempengaruhinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 03:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4490 |
Actions (login required)
View Item |