Komunikasi anggota club motor dalam menciptakan solidaritas sosial: Penelitian pada club motor Honda CB Teambeull Bandung

Suryati, Suryati (2021) Komunikasi anggota club motor dalam menciptakan solidaritas sosial: Penelitian pada club motor Honda CB Teambeull Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya suatu komunitas yang kegemarannya terhadap satu jenis kendaraan bermotor, yaitu Club motor CB Team_Beull Bandung. Club motor ini dibentuk untuk mewadahi para bikers yang memiliki hobi pada motor klasik, selain itu terbentuk atas dasar kekeluargaan dan solidaritas juga visi misi yang sama. Solidaritas selalu menjadi prioritas utama untuk memperkuat kebersamaan dan persaudaraan diantara sesama anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama yaitu komunikasi yang terjalin diantara anggota club CB Team_Beull Bandung. Kedua,komunikasi yang sudah terbangun dapat membentuk solidaritas sosial dan yang ketiga faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam membentuk solidaritas antar anggota. Teori yang digunakan adalah teori solidaritas Emile Durkheim. Solidaritas ini timbul dari rasa saling percaya diantara sesama anggota dalam suatu kelompok. Durkheim membagi solidaritas tersebut dalam dua perbedaan. Pertama, solidaritas mekanik. Solidaritas mekanik belum mengenal istilah pembagian kerja, solidaritas ini berdasarkan pada kesadaran kolektif individu yang menunjuk pada suatu kepercayaan yang sama danterjadi pada masyarakat pedesaan. Berbeda dengan solidaritas organik sudah mengenal pembagian kerja yang besar dan didasarkan pada tingkat saling ketergantungan individu yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode ini dipandang tepat untuk menganalisis fenomuna sosial yang terjadi. Dimana peneliti sebagai instrument kunci yang terlibat langsung. Data yang dihasilkan data deskriptif atau pemaparan, data tersebut diambil dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian komunikasi yang terjalin dengan baik dapat menumbuhan rasa kebersamaan dan persaudaraan yang erat sehingga dapat membentuk sikap solidaritas pada tiap anggota club CB Team_Beull Bandung. Tanpa disadari solidaritas ini terbentuk oleh adanya pertemuan anggota yang sering dilakukan seperti halnya kumpulan kopdar, touring, kegiatan sosial lainnya. Terdapat hal yang menjadi penghambat solidaritas antar anggota, yaitu kesibukan masing-masing anggota sehingga dapat mempengaruhi dalam kesolidaritasan club CB Team_Beull Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Club motor; Komunikasi; Solidaritas
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Suryati Suryati
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:48
Last Modified: 12 Oct 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44946

Actions (login required)

View Item View Item