Pendidikan agama Islam dalam keluarga menurut perspektif Zakiah Daradjat

Aziz, M. Luthfi Abdul (2021) Pendidikan agama Islam dalam keluarga menurut perspektif Zakiah Daradjat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahulu, permasalahan yang terjadi hari ini pada aspek pendidikan dilingkungan masyarakat, hanya minoritas yang memahami pentingnya pendidikan dalam keluarga. Mayoritas orang tua hanya menitipkan saja anaknya di sekolah tanpa dibarengi dengan pendidikan dasar dalam keluarga karena kesibukan kerja orang tuanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Tujuan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat, 2) Materi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat, dan 3) Metode Pendidikan Agama Islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama, karena dalam keluarga inilah anak mendapatkan pendidikan dan bimbingan. Disamping itu keluarga merupakan wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika suasana dalam keluarga itu baik dan menyenangkan, maka anak akan tumbuh dengan baik pula. Jika tidak, tentu akan terhambatlah pertumbuhan anak tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan content analisis dalam pengumpulan data penelitian penulis mengumpulkan bahan kepustakaan, dengan cara membaca, menelaah bukubuku, majalah dan sumber-sumber lainnya terutama yang berkaitan dengan konsep pendidikan Islam dalam keluarga dari beberapa sumber. Hasil penelitian ini: 1) Tujuan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga ini dimaksudkan agar pada keluarga/orangtua sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak, sebagai lingkungan pertama dan utama bagi anak bisa mendidik anakanaknya secara Islami sesuai tuntunan dari Al-Quran dan Hadist, agar setiap anak mampu mendapatkan pondasi yang kuat, mampu mengembangkan segala potensi yang dimilikinya kelak untuk kehidupan kemasyarakatan dan melahirkan generasi yang kuat. 2) Materi-materi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga diantaranya: a) materi tauhid, b) materi Ibadah, c) materi Akhlak, dan d) materi muamalah, dan 3) Metode-metode yang digunakan dalam penyampaian materi-materi Pendidikan Agama Islam keluaraga diantaranya; a) metode keteladanan, b) metode pembiasaan, dan c) metode cerita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Keluarga; Zakiyah Daradjat
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Luthfi Abdul Aziz
Date Deposited: 20 Oct 2021 12:52
Last Modified: 20 Oct 2021 12:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45026

Actions (login required)

View Item View Item