Habibah, Nur (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik SD kelas V materi bangun ruang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam belajar matematika. Faktanya kemampuan matematika peserta didik kelas V di SDN Cangkuang 07 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bangun ruang, strategi yang digunakan peserta didik untuk menyelesaikan soal, dan kesalahan peserta didik dalam menjawab soal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN Cangkuang 07 pada semester genap tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 39 orang. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data yang diperoleh dari tes pemecahan masalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi bangun ruang yaitu 53,9. Hal tersebut menggambarkan bahwa kemampuan pemecahan masalah termasuk kategori kurang. Banyaknya peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik sekali sebanyak 20,5%, kategori baik sebanyak 10,3%, kategori cukup sebanyak 12,8%, kategori kurang sebanyak 33%, dan kategori kurang sekali sebanyak 23,1%. Strategi yang digunakan peserta didik dalam menyelesaikan soal yaitu strategi membuat gambar, strategi membuat tabel, strategi terka dan uji kembali, strategi membuat sub-sub masalah, dan strategi menggunakan rumus. Kesalahan peserta didik terdapat pada jenis kesalahan membaca soal, memahami soal, transformasi soal, keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. Kesalahan yang paling dominan dilakukan peserta didik yaitu kesalahan dalam menulis jawaban karena peserta didik tidak menuliskan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah; Strategi Pemecahan Masalah; Kesalahan Menjawab Soal; Bangun Ruang. |
Subjects: | Elementary Education > Elementary School Mathematics Mathematics > General Publications of Mathematics Geometry > Analytic Geometries |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Habibah |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 05:58 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 05:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45044 |
Actions (login required)
View Item |