Widyawati, Leni (2021) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui aplikasi Quipper School: Penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 03 Citeureup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 menuntut profesional guru untuk melek teknologi. Namun, sebagian siswa masih terkendala dengan teknologi sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis siswa harus ditingkatkan. Tujuan penelitin ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran aplikasi Quipper School. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 8.4 SMP Negeri 03 Citeureup Bogor dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya instrumen tes pemahaman konsep matematis, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kuisioner dan dokumenter mengenai catatan perkembangan siswa dan background sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh: (a) Siklus I menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik dan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis berkategori cukup. (b) Siklus II menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik dan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis berkategori tinggi. Adapun rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis pada tes akhir seluruh siklus berkategori tinggi. Pembelajaran Quipper School memfasilitasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep, proses interaksi dan proses refleksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quipper School; Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Education, Research Mathematics Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > General Publications of Mathematics Arithmetics Arithmetics > Abacus Arithmetics > Arithmetic Operations Arithmetics > Numeration Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Leni Widyawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 08:11 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45076 |
Actions (login required)
View Item |