Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Presenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi dunia hewan : Penelitian quasi eksperimen pada kelas X di SMA Karya Budi

Airin, Ayu Lita Permata (2021) Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Ispring Presenter terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi dunia hewan : Penelitian quasi eksperimen pada kelas X di SMA Karya Budi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, sehingga diperlukan suatu media pembelajaran yang menarik untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran, agar siswa mampu memahami materi biologi khususnya dunia hewan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ispring presenter. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses keterlaksanaan pembelajaran, menganalisi keterampilan berpikir kritis siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ispring presenter pada materi dunia hewan. Penlitian ini dilakukan di SMA Karya Budi menggunakan metode Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, soal tes keterampilan berpikir kritis dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini untuk rata-rata keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa terlaksana dengan baik. Keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ispring presenter pada kelas ekperimen mengalami kenaikan yang dapat dilihat berdasarkan skor perolehan n-gain yaitu 0.60 sedangkan pada kelas kontrol 0.41. Berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan uji-t independen diperolehan skor posttest thitung= 3.02 > ttabel=2.9. Dengan demikian maka H0 ditolak, artinya penggunaan media pembelajaran ispring presenter berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi dunia hewan. Respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ispring presenter pada materi dunia hewan masing-masing indikator diinterpretasikan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dunia hewan; ispring presenter; keterampilan berpikir kritis; media pembelajaran dunia hewan, ispring presenter , keterampilan berpikir kritis, media pembelajaran dunia hewan, ispring presenter , keterampilan berpikir kritis, media pembelajaran
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Lita Permata Aini
Date Deposited: 15 Oct 2021 05:27
Last Modified: 15 Oct 2021 05:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45085

Actions (login required)

View Item View Item