Aktivitas siswa mengikuti pembiasaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) pengaruhnya tehadap kemampuan menulis teks Arab : Penelitian pada siswa MTs kelas VIII Nurul Iman Kota Bandung Tahun 2021)

Fauziah, Eva (2021) Aktivitas siswa mengikuti pembiasaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) pengaruhnya tehadap kemampuan menulis teks Arab : Penelitian pada siswa MTs kelas VIII Nurul Iman Kota Bandung Tahun 2021). Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemasalahan yang ditemukan di MTs Nurul Iman, yaitu rendahnya kemampuan menulis teks Arab dalam mengikuti aktivitas pembiasaan baca tulis Al-Qur’an (BTQ). Kemampuan menulis teks Arab ini dikembangkan untuk menunjang pembelajaran keagamaan lainnya. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu menulis teks Arab meskipun mereka sudah mampu membaca Al-Qur’an. Sehingga menimbulkan permasalahan yang berhubungan dengan bagaimana realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, bagaimana realitas kemampuan siswa menulis teks Arab dan bagaimana realitas aktivitas pembiasaan baca tulis Al-Qur’an pengaruhnya terhadap kemampuan menulis teks Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) Realitas aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ b) Realitas kemampuan menulis teks Arab siswa c) Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an pengaruhnya terhadap kemampuan menulis teks Arab siswa. Penelitian berdasarkan pemikiran bahwa pembiasaan baca tulis Al-Qur’an memiliki keterkaitan dengan kemampuan menulis teks Arab. Oleh karena itu hipotesis yang di ajukan adalah semakin positif pembiasaan baca tulis Al-Qur’an maka akan semakin baik pula kemampuan menulis teks Arab. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif dan jenis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel dari kelas VIII MTs Nurul Iman Kota Bandung sebanyak 49 siswa. Analisis data kedua variabel ini dilakukan dengan menggunakan metode statistika yang terbagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Realitas aktivitas pembiasaan baca tulis Al-Qur’an berkategori cukup dengan perhitungan nilai rata-rata 2,65 yang berada pada rentang 2,5-3,5. (2) Realitas kemampuan menulis teks Arab berkategori baik dengan perhitungan nilai rata-rata 69,79 yang berada pada rentang 66-79. (3) Realitas pengaruh pembiasaan baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan menulis teks Arab adalah (a) Koefisien korelasinya sebesar Koefisien korelasi sebesar 0,671 karena berada pada interval 0,60-0,799 termasuk kategori kuat. (b) Hipotesisnya diterima karena Thitung 6,28 lebih besar dari Ttabel 2.01 dan, (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap Variabel Y yaitu sebesar 55% dan 45% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Pembiasaan Baca Tulis Al-Qur’an; Menulis Teks Arab;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Fauziah
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:33
Last Modified: 31 Oct 2021 23:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45094

Actions (login required)

View Item View Item