Pengaruh Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Gross Profit Margin di Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Indo Acidatama Tbk Periode 2010-2019)

Munawar, Dafir (2021) Pengaruh Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Gross Profit Margin di Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Indo Acidatama Tbk Periode 2010-2019). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Fixed Assets Turnover merupakan rasio aktivitas yang digunakan untuk mengukur berapa kali dana yang ditanamkan dalam aktiva tetap berputar dalam satu periode. Atau dengan kata lain, untuk mengukur apakah perusahaan sudah menggunakan kapasitas aktiva tetap sepenuhnya atau belum. Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover yang tinggi mencerminkan bahwa Gross Profit Margin yang dimiliki juga tinggi. Permasalahan muncul ketika Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover yang diperoleh tinggi, tetapi Gross Profit Margin yang dihasilkan justru rendah ataupun sebaliknya, seperti yang terjadi di PT Indo Acidatama, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fixed Asset Turnover secara parsial terhadap Gross Profit Margin pada PT. Indo Acidatama, Tbk, pengaruh Working Capital Turnover secara parsial terhadap Gross Profit Margin pada PT. Indo Acidatama, Tbk, serta pengaruh Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover secara simultan terhadap Gross Profit Margin pada PT. Indo Acidatama, Tbk. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Fixed Asset Turnover dan Working Capital Turnover, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Gross Profit Margin yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan pada website resmi PT. Indo Acidatama Tbk periode 2010-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fixed Asset Turnover di PT. Indo Acidatama, Tbk secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Gross Profit Margin diperoleh perbandingan koefisien determinasi sebesar 0,5%. 2) Working Capital Turnover secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Gross Profit Margin dengan koefisien determinasi sebesar 13,09%. 3) Fixed Asset Margin dan Working Capital Turnover secara simultan tidak berpengaruh terhadap Gross Profit Margin dengan koefisien determinasi sebesar 13,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fixed Asset Turnover; Working Capital Turnover; Gross Profit Margin; Indeks Saham Syariah Indonesia
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dafir Munawar
Date Deposited: 22 Oct 2021 13:44
Last Modified: 22 Oct 2021 13:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45111

Actions (login required)

View Item View Item