Model konseptual manajemen pembiayaan pendidikan berbasis mutu di pesantren modern

Nurhamzah, Nurhamzah and Nurwadjah, Ahmad EQ and Muhibbin, Syah and Suryadi, Suryadi (2020) Model konseptual manajemen pembiayaan pendidikan berbasis mutu di pesantren modern. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5 (2). pp. 131-152. ISSN 2528-4339

[img]
Preview
Text (Full Text)
1629-Article Text-4797-6-10-20201230.pdf

Download (711kB) | Preview
Official URL: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpn...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model konseptual manajemen pembiayaan pendidikan berbasis mutu di pesantren modern. Penelitian ini menggunakan metode multikasus karena ada dua lokus penelitian, yaitu Pesantren Daarut Tauhiid Bandung dan Pesantren Modern Sahid Bogor. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Sedangkan teknik analisis adalah analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseptual manajemen pembiayaan pendidikan berbasis mutu di pesantren modern dilakukan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pertanggungjawaban, dan perbaikan berkelanjutan pembiayaan pendidikan. Perencanaan pembiayaan pendidikan berpedoman pada tiga hal, yaitu rencana pengembangan yayasan, rencana strategis (renstra) yayasan, dan program kerja pesantren. Pengorganisasian pembiayaan pendidikan secara struktural terdapat pembagian tugas antarapengelola dan pengawas internal pembiayaan. Dalam melaksanakan pembiayaan pendidikan, para pengelola pembiayaan secara konsisten berpedoman pada prinsip-prinsip pencatatan penerimaan dan pengeluaran keuangan. Sedangkan dalam pengawasan pembiayaan pendidikan, audit internal dilakukan secara berkala. Pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan diwujudkan dengan pelaporan penggunaan pembiayaan yang tepat waktu, akurat, transparan, dan akuntabel. Perbaikan berkelanjutan pembiayaan pendidikan dilakukandengan dua tahap, yaitu bulanan dan tahunan. Dengan demikian, model konseptual manajemen pembiayaan pendidikan berbasis mutu di kedua pesantren modern dilakukan secara komprehensif-integral.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembiayaan; Pembiayaan Pendidikan; Pesantren Modern
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Education > Sociology of Education
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhamzah Nurhamzah Nurhamzah
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:18
Last Modified: 22 Feb 2022 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45180

Actions (login required)

View Item View Item